Krisis Eropa Giring Pemuda Sisilia Jadi Gembala Modern

[imagetag]

Kini di jalanan Pulau Sisilia, Anda akan menyaksikan pemandangan berbeda. Sebanyak 3.000 anak muda Italia, menurut badan pertanian Coldiretti, memutuskan menjadi penggembala kambing.

Dulu, dalam tradisi para pria dewasa di wilayah menjadi gembala kambing adalah hal biasa. Masuk era modern anak muda jarang melakukannya.. Padahal salah satu produk kesohor dari Pulau Sisilia ialah keju kambing kualitas tinggi, pecorino.

Apa yang membuat mereka kembali menggembala? Hidup sederhana di luar ruangan menjadi pilihan karena aspirasi mereka untuk menjadi dokter, pengacara atau insinyur telah digagalkan oleh pertumbuhan ekonomi Italia yang melambat. Kondisi ini diperparah dengan meluncurnya skema penghematan besar-besaran dengan pemotongan anggaran publik sana-sini yang menyebabkan warga miskin kian tercekik.

Satu penggembala muda, Davide Bortoluzzi, 25, memiliki gelar dari sebuah lembaga pendidikan teknis. Namun ia tak mampu mendapatkan pekerjaan. Tak tahan menganggur, ia menjadi 'pengasuh' sekawanan domba berjumlah 400 ekor di Dolomites di Italia utara.

"Saya senang dengan pilihan yang saya buat," katanya. "Saya memulai dengan mengikuti gembala lain dan belajar tali dari mereka. Itu tidak mudah. Tapi, hari demi hari, saya membuat kemajuan tanpa menjadi terlalu berkecil hati."

Semula, ia agak tak terbiasa dengan bekerja di bawah guyuran hujan dan terik matahari. Namun, ia kini bisa menyesuaikan. Bergabungnya gembala d bawah usia 35 tahun secara tak terduga dipandang positif oleh Coldiretti. Keberadaan mereka, ujarnya. membantu untuk meremajakan sektor pertanian Italia.

Dalam hampir 80 persen kasus, gembala muda memperkenalkan teknik peternakan lebih maju dan meningkatkan kualitas dari wol, daging, dan keju yang mereka hasilkan. Krisis di satu sisi mungkin merugikan, namun di sisi lain, memberi dampak positif. Inilah yang tengah terjadi di Sisilia.

Bayaran mungkin rendah, tetapi ada kepastian pekerjaan, bisa menikmati udara segar dan menyantap keju pecorino dengan puas.

http://www.republika.co.id/berita/in...gembala-modern

Kampungnya para mafia nih, sekarang jadi kampung para penggembala lagi :D

cideug 04 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...