Lunasi Utang Bank, Indosiar Minta Duit ke Bos SCTV

Jakarta - Induk dan anak usaha yaitu PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM) dan PT Indosiar Visual Mandiri (IVM), kompak meminta uang dalam bentuk pinjaman kepada PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) dengan nilai total Rp 490 miliar.

IVM, pengelola stasiun televisi Indosiar merupakan anak usaha dari Indosiar Karya Media, yang tercatat sebagai salah satu emiten di Indonesia. EMTK pemilik 86% saham PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), dan memiliki 99% saham secara tidak langsung SCTV (melalui SCMA) berencana mengakuisisi 27,24% saham milik IDKM yang diterima dari PT Prima Visualindo.

Menurut Direktur Hukum dan Corporate Secretary EMTK, Titi Maria Rusli, pinjaman sengaja diberikan perseroan kepada IDKM dan IVM karena keduanya sulit mendapat utang dari pihak lain yang tidak terafiliasi dengan suku bunga pinjaman wajar dan syarat pembayaran kembali pokoknya yang ringan.

"Di mana keduanya (suku bunga dan syarat pembayaran) sangat berperan penting dalam membangun kelancaran kegiatan usaha dan cash flow PT Indosiar Karya Media Tbk dan PT Indosiar Visual Mandiri dalam meningkatkan pendapatan usahanya," kata Titi di Jakarta, Jumat (25/5/2012).

Emtek diketahui meminjamkan dana Rp 25 miliar kepada IDKM. Sedangkan uang yang disalurkan kepada IVM mencapai Rp 465 miliar. Pinjaman ini digunakan untuk refinancing utang yang IDKM dan IVM dapat dari Bank Central Asia yang mencapai Rp 451,46 miliar di mana plafon yang disediakan Rp 490 miliar.

http://finance.detik.com/read/2012/0...it-ke-bos-sctv
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...