Mengerikan! 2 Wartawan Dimutilasi di Meksiko

Quote:

Mexico City, Mengerikan! Dua jasad wartawan ditemukan dalam kondisi termutilasi di wilayah Veracruz, Meksiko. Jasad keduanya ditemukan oleh polisi bersama dengan 2 jasad lainnya yang dibuang di sebuah saluran air.

"Ditemukan empat buah kantung yang berisi 4 jasad manusia, di mana dua di antaranya sejauh ini diidentifikasi sebagai Guillermo Luna Varela dan Gabriel Huge (jurnalis yang dilaporkan hilang)," demikian pernyataan dari pemerintah negara bagian Veracruz, seperti dilansir oleh AFP, Jumat (4/5/2012).

Setelah dilakukan autopsi lebih lanjut, otoritas setempat berhasil mengidentifikasi 2 jasad lainnya sebagai Irasema Bacerra yang merupakan kekasih Luna dan Esteban Rodriguez yang diketahui berprofesi sebagai fotografer.

Keempat jenazah tersebut ditemukan dalam kondisi dimutilasi. Selain itu, pada jasad-jasad tersebut juga ditemukan tanda-tanda kekerasan sebelum mutilasi dilakukan. Otoritas setempat menduga, penemuan jenazah ini erat kaitannya dengan geng kriminal yang terkoordinasi.

Baik Luna maupun Gabriel yang juga dikenal sebagai jurnalis foto, sering menulis berita soal kasus kriminal di wilayah Veracruz. Keduanya yang bekerja pada surat kabar lokal Notiver, dilaporkan menghilang sejak Rabu (2/5) lalu.

Seorang reporter dari media yang sama, Miguel Angel Lopez, diketahui tewas terbunuh pada Juni tahun lalu. Miguel ditemukan dibunuh bersama istri dan anaknya.

Penemuan jasad ini semakin menambah panjang daftar jurnalis yang dibunuh di Veracruz. Tercatat sejak tahun 2011 lalu, ada 7 jurnalis yang tewas secara misterius. Banyak dugan bahwa pembunuhan-pembunuhan tersebut berkaitan erat dengan berita ataupun foto-foto terkait kasus perdagangan narkoba dan korupsi yang dipublikasikan oleh media setempat.

Sementara itu, menurut Komisi HAM Meksiko, tercatat sedikitnya 77 jurnalis dibunuh di wilayah Meksiko sejak tahun 2000 silam. Otoritas setempat mendapat kritikan pedas karena dinilai tidak bertindak tegas atas kasus pembunuhan jurnalis tersebut. Padahal Meksiko telah mengadopsi undang-undang yang melindungi pekerja media.
http://infokilat.com/international/m...si-di-meksiko/

sedilanjar 04 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...