Perenang kencing di danau sebabkan 500 ikan mati

Ketika berenang, buang air kecil di dalam kolam, danau, ataupun tempat berenang bukan hanya dinilai tidak pantas, namun juga bisa menyebabkan hal yang fatal bagi makhluk hidup yang lain. Setidaknya itulah yang diungkapkan oleh sekelompok pemancing yang menyalahkan para perenang yang suka kencing di salah satu danau negara Jerman di dekat Hamburg, seperti yang diberitakan harian The Local.

"Perenang yang kencing di danau menyebarkan banyak fosfat. Kami menghitung kira-kira setengah liter urine per orang dalam sehari," tuduh salah satu juru bicara para pemancing, Mandred Sidler, seperti yang dikutip dari MSNBC (14/05).

Lantas mengapa para pemancing ini geram dengan perenang yang pipis di danau? Rupanya banyak ikan yang mati, kurang lebih 500 ekor, karena kebiasaan buang air kecil perenang di danau dan menyebabkan para pemancing kesulitan mendapat ikan.

Menurut situs IO9.com, pada dasarnya urine tidak langsung membunuh ikan, namun ada serangkaian peristiwa alam yang membuat ikan merasa sesak. Urine bersifat menyuburkan ganggang biru-hijau di air. Ganggang tersebut pun tumbuh subur dan menghabiskan jatah oksigen dalam air. Ketika sudah mati dan membusuk, ganggang masih tetap menyerap oksigen sebanyak mungkin. Hal ini kemudian menyebabkan ikan menjadi mati.

Kini danau di Jerman tersebut tertutup bagi para perenang karena banyaknya ganggang yang membuat gatal tubuh perenang.

Sementara itu, juru bicara petugas lingkungan, Kerstin Graupner, mengatakan bahwa kegiatan ice-skating yang justru menyebabkan ikan-ikan di danau mati. Sebab suara berisik dari ice-skating mengganggu hibernasi para ikan.

Namun Graupner juga masih menyelidiki penyebab ikan mati tersebut, sebab alasan para pemancing cukup masuk akal berdasarkan sebuah penelitian yang menyebutkan ganggang pada danau juga memproduksi racun yang membuat ikan-ikan sesak napas kemudian mati.

http://www.merdeka.com/dunia/perenan...ikan-mati.html

jangan kencing sembarang tempat titik
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...