PERINGATAN Ahli Ponsel : Blackberry "BM" Merupakan Barang Rongsokan

[imagetag]

Ahli Ponsel : Blackberry "BM" Merupakan Barang Rongsokan
Sabtu, 19 Mei 2012

Pekanbaru (ANTARA) - Ahli ponsel pintar (smartphone) menyatakan BlackBerry yang dipasarkan tanpa memiliki garansi nasional yang diedarkan melalui pasar gelap (black market/BM) merupakan `handphone` yang berasal dari barang rongsokan. "BlackBerry jenis ini memang asli, tapi sebenarnya adalah palsu. Dimana seluruh suku cadang yang tadinya tidak berfungsi, dikumpulkan dan dirakit kembali menjadi BlackBerry yang persis seperti aslinya," kata ahli ponsel yang bekerja di BlacBerry Center Asia Ponsel, Pekanbaru, Riau, Lina Arlis, Sabtu.

Pernyataan ahli smartphone ini adalah tanggapan mengenai maraknya peredaran `handphone` BlackBerry` diduga palsu atau ilegal yang selama ini dikenal dengan sebutan `black market. Kasus perakitan atau rekondisi `handphone` merk BlackBerry, sebelumnya terungkap dan berhasil dibongkar oleh aparat kepolisian di Pekanbaru. Dimana jajaran Polisi Resor Kota (Polresta) Pekanbaru, sebelumnya pada Rabu (16/5) juga menyita ribuan telepon genggam merk Blackberry diduga palsu dan ilegal di salah satu rumah toko (ruko) Blok D Nomor 8 yang berlokasi di Komples Pertokoan Grand Elite Hotel, Jalan Riau, Pekanbaru.

Lina yang ditemui di tempat kerjanya, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru mengatakan, telepon genggam jenis BlackBerry "BM" memang tak ubah seperti aslinya. "Sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Bahkan seluruh aplikasi dan fungsinya sama sehingga membuat konsumen tidak ambil pusing," katanya. Seperti pada system full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya sama-sama mampu mempermudah user dalam membackup data2 penting.

Kemudian ketika mengganti unit BlackBerry baru, demikian Lina, pengguna hanya cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dan 3rd party software (jika compatible) tercopy dengan mudah ke device blackberry baru. "Kedua fungsi penting ini sama-sama ada dalam satu perangkan BlackBerry keluaran pabrik ataupun yang BM atau dirakit sendiri oleh pengusaha ponsel pasar gelap," katanya.

Namun sebenarnya, menurut Lina, dibalik kesamaan itu, BlackBerry pasar gelap yang direkondisi atau dirakit dalam pemprograman manual memiliki banyak kelemahan. Salah satunya, demikian Lina, BlackBerry `BM` tidak memiliki garansi tetap atau nasional. Hal ini sangat merugikan konsumen ketika `smartphone` tersebut mengalami kerusakan. Parahnya lagi, katanya, harga jual bekas untuk BlackBerry "BM" sangat jatuh atau bahkan kebanyakan counter atau toko penyedia `handphone` tidak berkehendak membeli ponsel yang berasal dari barang rongsokan itu.

Selain itu, kata dia, BlackBerry "BM" juga jarang sekali yang tahan hingga bertahun-tahun, resiko ini yang harus ditanggung oleh para konsumen yang tidak cermat atau hanya mementikan harga bukan kuwalitas. Lina menyarankan, kedepan para konsumen pecinta BlackBerry dapat lebih cermat dalam menentukan barang yang akan dibelinya. "Biar kalah di mahal, tapi kuwalitasnya terjamin," katanya
http://id.berita.yahoo.com/ahli-pons...XBhZ2U-;_ylv=3

----------------

Hati-hati Beli BB, Setidaknya ada 3 Jenis BB di Indonesia
Buat anda yang mau membeli atau berganti handphone blackberry agar aman dari penipuan, ada sedikit Tips aman membeli handphone blackberry baru yang mungkin bermanfaat untuk membeli handphone blackberry. Di pasaran khususnya di Indonesia ada tiga jenis blackberry baru, ada blackberry refurbish, ada blackberry BM, dan yang terakhir handphone blackberry original.

Handphone blackberry refurbish bisa disebut juga dengan rekondisi, atau handheld bekas yang dirapikan lagi sehingga terkesan seperti handphone blackberry baru dari toko. Fitur-fitur istimewanya hanya digunakan dalam jangka waktu tertentu selanjutnya tidak bisa digunakan lagi.

Handphone blackberry BM ( black market ) atau istilahnya barang yang tidak resmi, kebetulan handled blackberry yang berstatus BM tidak berpengaruh pada fungsi serta kinerjanya, pengguna tetap bisa mendapatkan fasilitas yang sama seperti layaknya handled dari jalur resmi. Handphone BB-BM ini pun lebih menarik lantaran harga handphone blackberry terbaru ini lebih murah, tetapi masih ada kekurangan mengenai bukti IMEI-nya.

Handphone blackberry original mungkin anda sudah mengerti tapi disini yang dimaksud dengan versi original, adalah produk yang masuk melalui prosedur resmi. biasanya di import oleh distributor yang ditunjuk oleh prinsipal kemudian dijalur resmi pula dan tentulah toko penjualnya merupakan tunjukan oleh carrier atau distributor. Versi blackberry resmi ini mendapat jaminan yang lebih, selain itu versi resmi juga mencantumkan kode IMEI dan PIN yang memang sudah terdaftar untuk diperjual-belikan di indonesia misalnya melalui provider-provider besar di indonesia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...