[PIC] Apresisasi untuk TIM SAR Sukhoi, Negeri ini Masih Punya Orang spt Mereka

[imagetag]
Anggota Tim SAR Gabungan melakukan apel dan doa bersama di Posko Puncak Manik, sebelum kembali ke kesatuannya masing-masing, Sukabumi, Rabu (16/5)

Alhamdulillah, Misi Evakuasi Sukhoi Berakhir
Jumat, 18 Mei 2012, 20:51 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Seluruh relawan dalam misi evakuasi dan pencarian korban dan puing pesawat Sukhoi Super Jet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, boleh jadi akan lega setelah Badan SAR Nasional menyatakan operasi resmi berakhir pada Jumat.

Pernyataan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Daryatmo dalam keterangan pers di Bandara Halim Perdana Kusuma pada Jumat sore, yang menegaskan penghentian operasi setelah 10 hari berjalan, sejak Sukhoi diketahui jatuh di Gunung Salak pada Rabu (9/5), setidaknya bisa membuat relawan dapat "menebus" kerja keras sepanjang evakuasi untuk beristirahat.

Dalam bahasa Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla (JK) saat menerima relawannya di Rumah Sakit PMI Bogor setelah melakukan operasi evakuasi: "Karena operasi selesai, semuanya bisa beristirahat dulu sejenak. Sepekan kurang makan dan mandi, sekarang silakan semuanya mandi dan makan sepuasnya," kata JK. Ketua Basarnas Daryatmo menyatakan: "Evakuasi dihentikan pada hari ini (Jumat, 18/5) setelah 10 hari dilakukan pencarian korban,".

Menurut dia, dalam pencarian hari ke -10 belum ditemukan lagi tanda-tanda korban pesawat di sekitar lokasi kejadian. Namun dia menekankan evakuasi bisa saja dijalankan kembali jika tim SAR menemukan jasad korban di lokasi kecelakaan pesawat.
http://www.republika.co.id/berita/na...ukhoi-berakhir

[imagetag]
[imagetag]

Peran Relawan dalam Evakuasi Korban Sukhoi Patut Diapresiasi
Friday, 18 May 2012, 21:18 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Search Mission Coordinator dari Basarnas Ketut Parwa mengatakan, peran relawan dan anggota TNI/Polri dalam evakuasi korban Sukhoi Super Jet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Bogor, perlu diapresiasi setinggi-tingginya."Kami selaku Badan SAR Nasional mengapresiasi seluruh anggota yang terlibat dalam operasi kemanusian ini. Basarnas tidak bisa sendiri dalam evakuasi ini, semua berkat kerja sama dan bantuan anggota TNI, Polri, relawan dan masyarakat," kata Ketut di posko evakuasi pesawat Sukhoi Super Jet 100 di Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jumat. Menurut Ketut, operasi kemanusiaan tersebut tidak akan berjalan optimal bila relawan tidak kompak dan saling bekerja sama.

Koordinasi yang kuat serta kesabaran dan kegigihan tim SAR gabungan dalam melakukan pencarian serta evakuasi korban sangat membanggakan. "Kita tahu medan di sana sangat sulit, dapat dibayangkan bagaimana relawan SAR melakukan evakuasi dengan rintangan cukup berat. Harus bergelantungan dengan tali, berhadapan dengan cuaca yang kadang hujan dan panas, dikelilingi jurang. Ini sangat luar biasa," katanya.

Ketut berharap para relawan baik dari unsur TNI, Polri dan Basarnas, PMI dan organisasi masyarakat yang terlibat dalam operasi kemanusiaan tersebut mendapat apresiasi dari instansi masing-masing sebagai tanda jasa atas pengorbanan selama melakukan tugas kemanusiaan. Sementara itu, Komandan Korem 061/Suryakancan Kol In AM Putranto selaku on scene coordintor (OSC) dalam operasi Sukhoi memberikan apresiasi bagi seluruh anggota SAR dan relawan yang terlibat. "Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua anggota SAR, relawan dan masyarakat yang telah membantu pelaksanaan operasi ini. Tanpa keterlibatan semua pihak, operasi ini tidak akan maksimal," katanya.

Terkait apresiasi untuk para anggota SAR dari unsur TNI, menurut Putranto, tugas dalam misi kemanusiaan tersebut sudah menjadi hal biasa di bidang militer. "Dalam hal militer ini sudah keharusan. Tentunya apresiasi sangat dalam kami sampaikan untuk semua yang telah membantu pelaksanaan operasi ini," kata Danrem.

Operasi pencarian dan evakuasi korban kecelakaan pesawat Sukho Super Jet 100 melibatkan hampir 2.000 orang yang bersal dari sejumlah unsur, mereka diantaranya dari TNI terdiri dari Yonif Garuda 315, Yonif328, Yonif 310, Armed 13, Yonif 23, Marinir, Korem 061/Suryakancan, Kopasus, Paskas, Atang Sandjaya. Dari unsur Polisi terdiri dari Brimob, Polres Kabupaten Bogor, Polres Sukabumi, Poresta Bogor, DVI, Satuan II Pelopor, Koramil. Sementara dari unsur relawan dari PPM, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, relawan IPB, mapala UI, relawan UIKA, Federasi Panjat Terbing Indonsia, Aksi Reaksi Cepat (ACT), PMI, dan masih banyak lagi.

Operasi kemanusiaan evakuasi korban Sukhoi secara resmi ditutup oleh Kepala Basarnas, dimana operasi tersebut telah berlangsung selama 10 hari. Dalam operasi selama 10 hari tersebut, anggota SAR berhasil mengevakuasi 37 kantong jenazah ke Halim Perdana Kusuma untuk selanjutnya diidentifikasi.
http://www.republika.co.id/berita/na...ut-diapresiasi

--------------

Hanya Allah swt yang akn membalas semua kebaikan mereka
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...