[PIC] Pentagon Mulai Tempatkan USS Freedom Kontrol Wilayah Laut Asia Tenggara

[imagetag]

AS Tempatkan USS Freedom di Asia Tenggara
Senin, 14 Mei 2012

Liputan6.com, Batam: Pemerintah AS menempatkan kapal kombat USS Freedom untuk berkeliling di kawasan Asia Tenggara.
"Kapal kombat akan ditepatkan di Asia Tenggara, keliling Asia Tenggara. Kapal tersebut dirancang untuk kepentingan bantuan bencana dan kemanusiaan," kata Duta Besar AS untuk Singapura David Adelman di Batam, Senin (14/5).
Kapal USS Freedom tidak parkir di Singapura, tapi berkeliling. Rencananya akan mulai dikirim ke Singapura awal 2013 nanti. Sementara itu, Dubes AS untuk Indonesia Scot Marciel mengatakan angkatan laut AS selalu memiliki kapal yang beroperasi di Asia Tenggara. Penempatan USS Freedom di perairan Asia Tenggara bukanlah sesuatu yang baru.

"Sudah dibahas TNI dan menteri pertahanan," kata Scot Marciel. Dubes AS untuk Indonesia itu menambahkan bahwa penempatan kapal AS merupakan bagian dari komitmen negeri adidaya itu untuk melibatkan diri di wilayah Asia Tenggara. "Sekarang saja ada kapal yang sandar di Tanjung Priok," katanya.
USS Freedom akan berada di Singapura selama 10 bulan pada musim semi 2013. Kapal USS Freedom adalah kelas baru kapal pesisir yang lebih kecil. Keberadaan USS Freedom merupakan bagian dari strategi keterlibatannya di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, pasukannya akan diperlengkapi dengan 55 buah kapal perang dari jenis ini. Empat di antaranya bisa digunakan di Singapura dan melakukan rotasi di Asia Tenggara membantu logistik dan latihan-latihan bagi kawasan tersebut
http://id.berita.yahoo.com/tempatkan...XBhZ2U-;_ylv=3

[imagetag]

AL AS Sebarkan Kapal Perang Baru ke Singapura pada 2013
Jum'at, 11 Mei 2012

Washington (AFP/ANTARA) - Kapal-kapal perang kelas baru Angkatan Laut AS pertama akan dikirim ke Singapura tahun depan untuk penyebaran 10-bulan, kata seorang pejabat Kamis, saat AS bergerak untuk memperluas kehadirannya di Asia-Pasifik.
"USS Freedom akan digelar ke Singapura selama 10 bulan pada musim semi 2013," kata Letnan Angkatan Laut Katie Cerezo dalam surat elektroniknya kepada AFP.
Kapal tersebut adalah kelas baru "kapal tempur pesisir" yang lebih kecil. Kapal permukaan tersebut dimaksudkan untuk operasi dekat dengan pantai dan dapat disebarkan dengan cepat ke wilayah krisis yang merupakan bagian dari strategi AS berfokus pada Asia-Pasifik.
Angkatan Laut mengatakan bahwa pasukannya akan dilengkapi dengan 55 kapal perang dari jenis ini, empat di antaranya bisa digunakan di Singapura.
Kapal tersebut dimaksudkan untuk digunakan secara rotasi dan tidak ditempatkan pada pangkalan Singapura, di mana militer AS sudah mengoperasikan satu pos kecil yang membantu logistik dan latihan-latihan bagi pasukan di Asia Tenggara.
Kementerian Pertahanan China telah mencemooh atas peningkatan aktivitas militer Amerika di wilayah tersebut, dan mengatakan itu adalah bukti "mentalitas Perang Dingin" Washington. Amerika Serikat juga diharapkan untuk meningkatkan penyebaran ke Filipina dan Thailand sebagai bagian dari strategi Asia-Pasifiknya
http://id.berita.yahoo.com/al-sebark...GFnZQ--;_ylv=3


AS Kirim Kapal Perang ke Singapura, Cina: Inilah Mental Perang Dingin AS
Jum'at, 11 Mei 2012

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON---Kapal-kapal perang kelas baru Angkatan Laut AS pertama akan dikirim ke Singapura tahun depan untuk penyebaran 10-bulan, kata seorang pejabat Kamis, saat AS bergerak untuk memperluas kehadirannya di Asia-Pasifik.
"USS Freedom akan digelar ke Singapura selama 10 bulan pada musim semi 2013," kata Letnan Angkatan Laut Katie Cerezo dalam surat elektroniknya kepada AFP. Kapal tersebut adalah kelas baru "kapal tempur pesisir" yang lebih kecil. Kapal permukaan tersebut dimaksudkan untuk operasi dekat dengan pantai dan dapat disebarkan dengan cepat ke wilayah krisis yang merupakan bagian dari strategi AS berfokus pada Asia-Pasifik.

Angkatan Laut mengatakan bahwa pasukannya akan dilengkapi dengan 55 kapal perang dari jenis ini, empat di antaranya bisa digunakan di Singapura.
Kapal tersebut dimaksudkan untuk digunakan secara rotasi dan tidak ditempatkan pada pangkalan Singapura, di mana militer AS sudah mengoperasikan satu pos kecil yang membantu logistik dan latihan-latihan bagi pasukan di Asia Tenggara. Kementerian Pertahanan Cina telah mencemooh atas peningkatan aktivitas militer Amerika di wilayah tersebut, dan mengatakan itu adalah bukti "mentalitas Perang Dingin" Washington. Amerika Serikat juga diharapkan untuk meningkatkan penyebaran ke Filipina dan Thailand sebagai bagian dari strategi Asia-Pasifiknya.
http://id.berita.yahoo.com/kirim-kap...GFnZQ--;_ylv=3

-------------

Diplomasi kapal meriam ala komodor Perry waktu mau menjajah Jepang zaman Kaisar Meiji dulu, ternyata tak pernah berubah konsepnya bagi jenderal-jenderal di Pentagon sampai saat ini ... :D

Masalahnya, musuh utama AS kali ini, kekuatan militer China yang semakin modern akibat pendanaan yang luar biasa besarnya itu, tentu tak mudah asal digertak oleh AL AS. Setidaknya, AL China kini sudah punya missile anti-air carrier (rudal poembunuh kapal induk pembawa pesawat), seperti yang disiarkan olrh video youtube dibawah ini








Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...