RS Indonesia di Gaza: Berbentuk Segi Delapan, Material Dikirim Via Terowongan


[Jakarta Bangunan itu cukup unik: berbentuk segi delapan. Cara pembangunannya tak kalah uniknya, karena material bangunannya dikirimkan lewat terowongan tersembunyi.

Itulah Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza, Palestina. Setelah hampir satu tahun sejak dimulainya proses pembangunan RSI di Gaza pada Mei 2011, akhirnya pembangunan tahap 1 untuk struktur RSI selesai 100 %.

"Pekerjaan yang semula ditargetkan selama 9 bulan, sempat molor selama 3 bulan dikarenakan beberapa hal, yaitu susahnya relawan masuk ke Gaza dalam rangka mengawal pembangunan RSI, pengadaan material yang senantiasa dikirimkan melalui terowongan, kondisi cuaca pada akhir tahun 2011 dan awal tahun 2012 yang senantiasa turun hujan lebat," tutur Ir Nur Ikhwan Abadi, salah satu relawan MER-C Indonesia di Gaza Palestina, dalam siaran tertulis yang diterima detikcom, Rabu (2/5/2012).

Selain itu, kondisi keamanan di Gaza yang tidak menentu akibat serangan-serangan zionis Israel juga menyebabkan beberapa kali pekerjaan harus terhenti, serta beberapa item pekerjaan tambahan memerlukan waktu tambahan pula dalam pengerjaannya.

"Namun demikian hambatan-hambatan di atas masih terbilang sangat wajar, terlebih di daerah yang diblokade ketat bak penjara terbesar di dunia, seperti Gaza, pekerjaan bisa berjalan seperti ini memang sudah sangat luar biasa," ungkap Nur.

Akhir pekerjaan RSI Gaza ini ditandari dengan pengecoran akhir tangga ramp yang dilaksanakan pada hari Sabtu 28 April 2012. Dua minggu sebelumnya diadakan pengecoran middle area dari RSI ini setinggi 1 lantai, dan beberapa item lain seperti pintu masuk basement dan lantainya. "Dengan demikian 100 % selesai sudah pembangunan RSI tahap pertama ini yang selanjutnya akan diikuti oleh pembangunan tahap kedua untuk Arsitektur dan ME (Mekanikal Elektrikal) RSI," ujarnya.

Nur mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, termasuk rakyat Indonesia yang telah menyumbangkan donasinya rupiah demi rupiah.

"Rakyat Gaza mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rakyat Indonesia atas bantuan ini. Hampir di setiap sudut Gaza, mengetahui adanya rumah sakit ini, rumah sakit yang unik, berbentuk segi delapan seperti Masjid Qubbah Sakhra yang ada di Masjid Al-Aqsha, dan bentuk seperti ini belum pernah ada sebelumnya di Gaza," paparnya. FONT="Comic Sans MS"][/font]

:iloveindonesias:iloveindonesias
:ilovekaskus:ilovekaskus

Cekidot sumbernya: http://news.detik.com/read/2012/05/0...via-terowongan

pict : kurang ngerti cara templatenya gan n' sist

ujungcakrawala 02 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...