[Selingan] Obor Olimpiade dinyalakan

Obor Olimpiade dinyalakan

[imagetag]
Upacara penyalaan obor Olimpiade akan dilakukan di Yunani pada Kamis ini.

Obor api Olimpiade akan dinyalakan melalui sebuah upacara di Olympia, Yunani pada Kamis menandai awal Olimpiade London 2012.

Api akan dihidupkan oleh seorang "pendeta wanita" yang menangkap cahaya matahari pagi di kaca parabola.

Obor akan diterbangkan ke Inggris pada 18 Mei dan akan dibawa keliling negara yang ibukotanya menjadi tuan rumah Olimpiade selama 70 hari.

Ketua Locog Lord Coe, Presiden Komite Internasional Olimpiade Jacques Rogge dan Presiden Komite Olimpiade Hellenic Spyros Capralos akan hadir di Olympia dalam upacara yang menandai dimulainya penghitungan mundur ke Olimpiade London 2012.

Upacara penyalaan obor akan dilakukan di depan reruntuhan Kuil Hera pada Kamis (10/5) waktu setempat.

Obor - sebuah simbol Olimpiade berarti mewakili kesucian karena berasal dari matahari - dan kemudian ditempatkan di sebuah jamban dan dibawa ke stadion tempat Olimpiade kuno digelar.

Kemudian, api itu akan dibawa oleh juara dunia renang 10km dari Liverpool kelahiran Yunani Spyros Gianniotis, yang akan membawanya di putaran pertama keliling Yunani.

Dia akan memberikan obor ke Alex Loukos, 19, pembawa Obor dari Inggris yang pertama, seorang petinju dan pada 2005 lalu merupakan salah satu delegasi dari sekolah anak-anak di Timur London yang berangkat ke Singapura dalam acara penawaran akhir ketika London akan menjadi tuan rumah Olimpiade.

Obor akan dibawa sejauh 2.900 km keliling negara oleh 500 pembawa obor.

Upacara dilakukan ditengah kekacauan kondisi politik dan ekonomi di negara tempat Olimpiade kuno ini.

Demonstrasi di Yunani terjadi beberapa bulan terakhir, akibat kekacauan kondisi keuangan dan dibayangi kebangkrutan karena ancaman gagal bayar utang.

Upara penyalaan obor dan perjalanannya dibiayai oleh BMW. Obor keliling Yunani akan berakhir di Stadion Panathenaic, Athena, pada Kamis 17 Mei, ketika obor akan dialihkan ke penyelenggara Olimpiade London.

Stadion menjadi tuan rumah Olimpiade modern pertama pada 1896. Pembawa obor terakhir di Yunani yaitu atlet angkat berat Yunani Pyrros Dimas dan pesenam Cina Li Ning - yang menyalakan api pada upacara Olimpiade di Beijing 2008 lalu.

=====================================

semoga Indonesia bisa menyapu bersih emas bulutangkis :o

pedopast 10 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...