Seminar “Strategi Menghadapi Berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2012”

Kamis, 10 Mei 2012
No. 043/PR/V/2012/53

Bekerja sama dengan Korps Wanita Indonesia (Kowani), Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan Seminar dengan tema "Strategi Menghadapi Berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2012" di Gedung SMESCO, UKM, Jakarta, 9 Mei 2012. Seminar ini diisi oleh tiga pembicara dari Indonesia, Thailand dan Vietnam yaitu Dr. Donna Gultom dari Kementerian Perdagangan Indonesia; Dr. Monthip S. Tabucanon dari National Council of Women of Thailand; dan Ho Thi Quy, Director for Supporting Women on Economic Development dan Member of Presidium, Vietnam Women's Union.

Donna Gultom dalam paparannya menjelaskan konsep Komunitas Ekonomi ASEAN dan tujuannya akhirnya untuk mengintegrasikan ekonomi ASEAN ke ekonomi global. Komunitas bisnis diharapkan dapat memperoleh manfaat dari perkembangan kerja sama ASEAN ini.

Dr. Monthip S. Tabucanon menyampaikan bahwa dewasa ini partisipasi wanita dalam ekonomi semakin meningkat termasuk di ASEAN yang merupakan salah satu kawasan dengan ekonomi yang dinamis. Ekonomi berkelanjutan merupakan salah satu kunci untuk mewujudkan Pembangunan yang berkelanjutan. Dalam konteks tersebut, wanita perlu mempersiapkan diri untuk memahami perubahan di sekitarnya seperti kemajuan teknologi, fluktuasi mata uang dan climate change.

Ho Thi Quy memaparkan mengenai pentingnya peranan jaringan pengusaha wanita menuju pembentukan komunitas ekonomi ASEAN. Dengan jaringan tersebut, wanita mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk memahami trend baru, memahami bagaimana integrasi yang tepat dengan budaya dari masing-masing negara, wilayah dan ketentuan internasional.

Seminar ini dihadiri oleh para anggota KOWANI, ASEAN Confederation of Women's Organization (ACWO) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi), mahasiswa dan masyarakat umum lainnya. Berdampingan dengan kegiatan seminar dilakukan pula pameran berbagai jenis produk UKM yang berasal dari Indonesia maupun negara ASEAN lainnya. Pameran yang mengambil tema "Membangun Kemandirian Ekonomi Perempuan ASEAN" ini akan berlangsung dari tanggal 9 Mei hingga 13 Mei 2012. (Ditjen KSA)

http://www.kemlu.go.id/Pages/PressRe...?IDP=1334&l=id

mau di bawa kemana.. Indonesia kita..... :iloveindonesia

ozychandra 10 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...