Serangan al-Qaida tewaskan 30 tentara Yaman

[imagetag]

Pihak berwenang Yaman mengatakan sedikitnya 30 tentara tewas dalam serangan yang dilakukan kelompok militan di bagian selatan negara itu, Senin 7 Mei 2012.

Sejumlah tentara masih belum diketahui nasibnya dan diperkirakan dijadikan sandera sementara belasan tentara luka-luka.


Kelompok militan yang punya kaitan erat dengan al-Qaida itu menyerang dua pos militer di pinggiran kota Zinjibar, ibukota Provinsi Aden, dan sekitar 15 militan tewas ditembak dalam serangan balasan oleh aparat keamanan Yaman.

Para militan datang dari darat maupun laut dan melepas tembakan ke arah tentara serta mencuri senjata dan beberapa peralatan militer lainnya.

Serangan ini berlangsung hanya sehari setelah serangan udara pesawat tak berawak Amerika Serikat menewaskan salah seorang pemimpin senior al-Qaida, Fahd al-Quso.

Seorang perwira militer Yaman mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa mereka sudah memperkirakan akan ada serangan balasan dari al-Qaida, walau belum ada pernyataan dari kelompok tersebut.

Peringatan, tambahnya, sudah disampaikan kepada semua unit agar bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan serangan balasan atas kematian al-Quso.

Dicari AS

Al-Quso tewas bersama dua pengawalnya ketika dua rudal menghantam rumahnya di Rafadh, Provinsi Shabwa.

Pemerintah Amerika Serikat sudah lama memburu al-Quso dan dia masuk dalam daftar yang paling dicari dengan imbalan sebesar U$5 juta untuk informasi tentang keberadaannya.

Pemimpin al-Qaida itu dianggap berperan dalam serangan bom atas kapal Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Cole, pada tahun 2000 di Yaman, yang menewaskan 17 pelaut Amerika Serikat.

Presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang baru dilantik beberapa bulan lalu sudah menempatkan perang terhadap kelompok militan sebagai prioritasnya.

Pekan lalu, kepada para wartawan dia kembali menegaskan tekadnya tersebut.

"Perang melawan teroris masih belum dimulai dan tidak akan selesai sebelum kami membersihkan semua provinsi dan kampung sehingga orang-orang yang mengungsi bisa kembali ke rumah mereka dengan damai," tuturnya pekan lalu.

Sejumlah daerah di Yaman selatan berhasil dikuasai oleh kelompok militan yang berkaitan dengan al-Qaida.

http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia..._tentara.shtml

Memang dunia tdk akan aman selama teroris ini masih ada. :o

Selamat kepada Amerika yg berhasil menewaskan salah seorang pemimpinnya, sekaligus turut berduka utk kematian para tentara Yaman.

8xbanned 09 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...