SFDA Perketat Produksi Obat-obatan China

INILAH.COM, Beijing - Badan Pengawasan Obat dan Makanan Negara (SFDA) China Senin (14/5) menekankan agar pemerintah daerah menerapkan persyaratan baru untuk menguji gel kapsul dan akan menjatuhkan hukuman berat bagi produsen farmasi yang tidak aman.

SFDA dalam pernyataannya mengatakan telah mendapat laporan dari banyak pemda bahwa industri farmasi rumahan di China kurang pengetahuan atau tidak memiliki peralatan pengujian produksi untuk menguji gelatin farmasi, kapsul serta obat-obatan dalam kapsul.

Kantor berita Xinhua melaporkan, SFDA juga mencatat badan-badan pemerintah telah gagal menerapkan syarat-syarat baru untuk industri farmasi rumahan. Kini SFDA memperingatkan bahwa industri-industri rumahan yang memproduksi gelatin farmasi dan kapsul yang gagal mengecek setiap bahan baku tepat waktu akan dihentikan sementara produksinya.

Perusahaan-perusahaan yang menjual produk obat-obatan yang tidak melengkapi persyaratan sebelum 1 Juni mendatang juga akan dikenai sanksi. Perusahan-perusahaan tersebut harus menarik produk-produk yang terkontaminasi. Mereka tentu diancam kena sanksi berat bila lalai meloloskan produk-produk yang tidak aman.

Beberapa perusahaan farmasi baru-baru ini diketahui terlibat dalam produksi kapsul obat-obatan dan gelatin untuk industri yang mengandung chromium dan gelatin yang merusak kesehatan dalam jumlah besar. Chromium dapat mengandung racun dan menimbulkan kanker jika dikonsumsi dalam jumlah melampaui batas.

SFDA akan meluncurkan hasil analisa terhadap kualitas obat-obatan kapsul akhir Mei mendatang untuk mengetahui tindakan apa yang mesti diambil. SFDA meminta dinas regulasi makanan dan obat utuk memberi supervisi kepada pabrik-pabrik farmasi rumahan dan secara acak menguji produk-produk yang dipajang sebelum 30 April.

Kalau di negaranya saja SFDA menerapkan sanki keras terhadap industri farmasi rumahan, maka selayaknya ekstra hati-hati terhadap obat-obatan China yang tidak teruji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan. Kesehatan Anda menjadi taruhannya. [mdr]

http://web.inilah.com/read/detail/18...t-obatan-china

semoga ketat kalau kagak :takuts
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...