(STREETSHOT) Mobil Alphard 'Ketangkep' Minum Premium Lagi

Quote:

[imagetag]


Lagi, Alphard Vellfire Minum Premium

Mobil sekelas Toyota Alphard Vellfire dengan spesifikasi mesin yang tinggi pasti akan loyo kalau menggunakan BBM subsidi seperti Premium. Tetapi pengguna mobil ini sepertinya cuek saja meminumkan mobilnya dengan Premium.

"Pemiliknya mampu beli mobil miliaran tapi enggak mampu isi Pertamax. Beli karena gengsi aja ini sepertinya," ujar Putra Saguh Prayoga, Otolovers pengirim Street Shot ini, Sabtu (12/5/2012).

Padahal memang dengan spesifikasi Vellfire, mobil CBU ini harusnya minimal menggunakan Pertamax. Dengan kompresi di atas 10:1, penggunaan Premium akan membuat mesin rontok.

Menurut penggiat otomotif Saftari di artikelnya (klik di sini), bensin dengan oktan rendah memiliki kecenderungan mudah terbakar.

Semakin tinggi nilai kompresi pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi.

Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut.

"Kita sering mendengar istilah "Ngelitik" (pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan 'kejam'nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk-tusuk dengan paku, kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa bolong!' tulisnya.

http://oto.detik..com/read/2012/05/1...?991104topnews
duh detik... kalo mobil mewah pakai bbm subsidi mau dikriminalisasi
kenapa jg NoPol-nya di sensor :D:D

setengah-setengah nih ;)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...