Terdakwa perencana serangan 11/9 diadili

Pria yang dituduh merencanakan serangan 11 September di Amerika Serikat, Khalid Sheikh Mohammed, hadir dalam sidang militer di kamp penjara Teluk Guantanamo, Kuba.

Dengan jenggot panjang, Khalid Sheikh Mohammed duduk sederet dengan empat terdakwa lainnya. Mereka tampil di depan umum untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir.
Berita terkait

Sidang perencana serangan 9/11 kembali digelar
AS kirim tahanan Guantanamo ke El Salvador
Teluk Guantanamo setelah 10 tahun

Link terkait
Topik terkait

Amerika Serikat,
Terorisme

"Penuntutan siap dimulai dalam kasus Khalid Sheikh Mohammed," kata Jaksa Penuntut Brigadir Jenderal Mark Martins hari Sabtu (5/5).

Namun Khalid Sheikh Mohammed, yang mengaku merencanakan serangan 11 September dengan membajak pesawat, menolak menjawab semua pertanyaan hakim. Hakim menanyakan apakah Sheikh Mohammed puas dengan adanya pengacara militer dan pengacara sipil.

"Saya yakin Mohammed akan menolak sidang. Saya yakin dia sangat khawatir akan faktor keadilan dalam sidang," kata pengacaranya dari kalangan sipil, David Nevin.
Peraturan baru

"Terdakwa tidak boleh memilih untuk tidak berpartisipasi dan mengganggu proses sidang."

James Pohl

Hakim James Pohl memperingatkan tidak akan mengizinkan terdakwa memblokir jalannya sidang dan akan tetap melanjutkan sidang tanpa partisipasi Khalid Sheikh Mohammed.

"Terdakwa tidak boleh memilih untuk tidak berpartisipasi dan mengganggu proses sidang," tegas Pohl.

Khalid Sheikh Mohammed dan empat orang terdakwa lainnya menghadapi berbagai dakwaan, di antaranya adalah dakwan dalam 2.976 kasus pembunuhan.

Sidang pertama dengan terdakwa Khalid Sheikh Mohammed dihentikan ketika Barack Obama menjabat sebagai presiden. Presiden Obama ingin mengganti pengadilan militer dengan pengadilan sipil tetapi upaya tersebut digagalkan oleh kubu oposisi di Kongres.

Bagaimanapun sidang di pengadilan militer sekarang terikat dengan peraturan baru, antara lain larangan menggunakan bukti yang didapat dari hasil interogasi melalui penyiksaan.


busyet dah!
[imagetag]


[imagetag]

http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia...lidtrial.shtml


emoga teroris ALqueda ini dihukum berat

arrahmak 08 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...