[Terguncang] Indonesia-Korut Perkuat Kerja Sama

[imagetag]

Kunjungan Kim Yong Nam - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kenegaraan Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea Utara Kim Yong Nam di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (15/5/2012). Kim datang atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggelar pertemuan bilateral.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea Utara Kim Yong Nam sepakat meningkatkan kerja sama kedua negara di berbagai bidang. Kerja sama tersebut meliputi bidang ekonomi, budaya, investasi, perdagangan, politik, hingga olahraga.

Kesepakatan ini dicapai pada pertemuan Presiden Yudhoyono dengan Presiden Kim di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (15/5/2012). Pada pertemuan tersebut, Yudhoyono didampingi, di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Sementara itu, Presiden Kim didampingi, di antaranya, Ketua Komisi Investasi Ri Kwang-Gun dan Menteri Perindustrian An Jong-Su. Marty mengatakan, di bidang politik, kedua pemimpin negara sepakat untuk meningkatkan komunikasi politik.

Di bidang ekonomi, Korut mengajukan kerja sama pengembangan obat-obatan tradisional. Terkait investasi dan perdagangan, kerja sama ini masih dalam tahap penjajakan.

Belum ada komitmen konkret yang ditandatangani antarpemerintah atau antardunia usaha kedua negara. Selama ini kerja sama dan nilai perdagangan antarkedua negara memang dinilai masih relatif kecil. Besarannya hanya mencapai kisaran 31,8 juta dollar AS (Rp 292 miliar) pada tahun 2011.

"Di bidang kerja sama olahraga, Korut telah menorehkan prestasi cukup baik di tingkat global. Bapak Presiden menyatakan bahwa beliau akan memberikan instruksi kepada Menpora (Andi Mallarangeng) agar melakukan kerja sama yang lebih tinggi lagi di bidang olahraga." kata Marty.

Tak hanya itu, Marty juga mengatakan, ada komitmen antara Presiden Yudhoyono dan Presiden Kim untuk saling dukung di forum internasional. "Korut secara khusus menyampaikan apresiasi mendalam atas peranan kepemimpinan Indonesia di ASEAN," kata Marty.

http://nasional.kompas.com/read/2012...uat.Kerja.Sama

Moga hubungan kita dengan Korut langgeng ya gan.. :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...