Tiga Penembak Satpam IPB Ditangkap di Sukabumi

[imagetag]
Quote:

BOGOR, KOMPAS.com — Tim gabungan Polisi Daerah Jawa Barat dan Polisi Resor Bogor telah melakukan penangkapan terhadap tiga orang pelaku penembakan satpam Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Tiga orang pelaku ini kami tangkap Rabu (30/5/2012) sekitar pukul 18.00 WIB di Desa Cibatu, Kecamatan Cikambar, Kabupaten Sukabumi," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Martinus Sitompul, Kamis (31/5/2012).

Martinus menyebutkan, ketiga pelaku diduga sebagai pelaku penembakan satpam IPB. Bersama dengan para pelaku, polisi mengamankan barang bukti dua unit senjata api dan empat kunci letter T.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua petugas satuan pengamanan kampus Institut Pertanian Bogor, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ditembak perampas sepeda motor di dekat masjid kampus, Jumat (25/5/2012) siang. Satu orang tewas dan satunya kritis.

"Benar ada penembakan itu. Kami masih mengolah tempat kejadian perkara," kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bogor Ajun Komisaris Imron Ermawan.

Namun, Imron mengaku belum bisa berkomentar banyak. Saat ini kedua satpam tersebut dibawa ke Rumah Sakit Karya Bakti dan dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Palang Merah Indonesia Kota Bogor.

"Saya masih menunggu mereka di PMI, tetapi belum berani menyampaikan sampai melihat mereka," kata Waluyo, petugas Humas.
http://megapolitan.kompas.com/read/2...bak.Satpam.IPB
Penembak Satpam IPB Dikenali dari Rekaman CCTV
[imagetag]
Dua tersangka penembak satpam kampus IPB dengan menggunakan tutup kepala dibawa kedalam ruang pemeriksaan Polres Bogor di Cibinong, Bogor, Jabar, Kamis (31/5) malam. ANTARA/Jafkhairi

Quote:

TEMPO.CO, Bogor - Pelaku penembakan dua petugas satuan pengamanan Institut Pertanian Bogor yang ditangkap tim gabungan Kepolisian Resor Bogor dan Kepolisian Daerah Jawa Barat pada Rabu, 30 Mei 2012, ternyata dikenali dari rekaman CCTV sebuah minimarket di Dramaga, Bogor.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Bogor Ajun Komisaris Besar Herry Santoso, sebelum melakukan percobaan pencurian sepeda motor di areal IPB, pelaku beberapa hari sebelumnya juga mencuri sepeda motor di sebuah minimarket di Ciampea dan Dramaga.

"Motor curian di Ciampea dipakai mencuri di Dramaga. Motor hasil curian di Dramaga dipakai lagi di IPB. Pelaku dikenali dari barang bukti sepeda motor dan rekaman CCTV saat mencuri di Alfamidi," kata Kapolres Bogor kepada wartawan di Cibinong, Kamis petang, 31 Mei 2012.

Herry mengatakan pihaknya baru menangkap seorang pelaku utama, yakni MH, 21 tahun, dan adiknya, AS, 18 tahun. AS ikut digiring petugas karena diduga membantu kakaknya menyembunyikan senjata api yang digunakan menembak mati satpam IPB, Supriatna alias Bonar dan Suhardi.

"MH kami tangkap tanpa perlawanan. Sedangkan satu pelaku utama lagi berinisial U masih buron. Anggota masih melakukan pengejaran. Jadi yang sudah diamankan dua orang," ujar dia.

Perburuan eksekutor satpam IPB ini, kata Herry, melibatkan sebanyak 21 personel yang dilengkapi dengan rompi antipeluru. Sebelum bergerak ke wilayah Sukabumi, sehari setelah peristiwa penembakan di tempat parkir Masjid Al Hurriyyah, polisi sempat menggerebek sebuah rumah kos di Parung, Bogor, tempat pelaku dan komplotannya tinggal.

Namun, kata Herry, pelaku rupanya sudah lari ke daerah Cibadak, Sukabumi. Di Cibadak, MH dan U berpisah. MH, yang saat mencuri di IPB bertugas membonceng U, kabur ke rumahnya di Kampung Pasir Beunghar, Jampang Tengah, Sukabumi. Tempat persembunyian MH berada di daerah pebukitan terpencil, yang hanya ada delapan rumah.

Dalam operasi penangkapan tersebut, polisi mengamankan dua pucuk pistol, 12 kunci letter T, dan satu sepeda motor curian. "Pelaku dikenakan pasal berlapis, yakni Pasal 338 KUHP, 351 ayat 1 KUHP, dan UU Nomor 12," kata Kapolres.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Eksekutif IPB Bonny Poernomo Wahyu Sentoso mengaku bersyukur dan menghargai kerja keras polisi dalam menangkap pelaku penembakan anggota satpam IPB. Selain itu, keluarga besar IPB akan menggelar doa bersama di Masjid Al Hurriyyah untuk mendoakan almarhum Bonar dan Suhardi.

Seperti diberitakan sebelumnya, kawanan perampok bersenjata api beraksi di pelataran parkir Masjid Al Hurriyyah, kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jumat, 25 Mei 2012. Pelaku menembak mati petugas satpam yang memergokinya.
http://www.tempo.co/read/news/2012/0...i-Rekaman-CCTV
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...