Tips untuk Menghindarkan Makanan Jika Anda Terkena Diabetes

Punya permasalahan dengan masalah diabetes ? Berikut ada solusi untuk menghindar kan makanan agar supaya penyakit tersebut tidak berkembang.
Sebelum nya kita cari tahu dulu apa itu Diabetes, Diabetes sering disebut dengan istilah kencing gula yang merupakan kelainan metabolis yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglisemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.


Penyakit ini jangan di biarkan ber kembang biak karena dapat menyebabkan komplikasi jangka lama termasuk penyakit kardiovaskular (risiko ganda), kegagalan kronis ginjal (penyebab utama dialisis), kerusakan retina yang dapat menyebabkan kebutaan, serta kerusakan saraf yang dapat menyebabkan impotensi dan gangren dengan risiko amputasi. Komplikasi yang lebih serius lebih umum bila kontrol kadar gula darah buruk.

Dan sedikit saran untuk menghindarkan makanan berikut ini, jika Anda memang terkena diabetes :

1. Saus pasta
Gula seringkali ditulis setelah pure dan jus tomat di label saus pasta. Tandanya, gula adalah komposisi terpenting ketiga dalam saus pasta. Salah satu merk saus pasta terkenal mengandung 15 gram gula (hampir 4 sendok teh) per 1/2 cup penyajian. Pilih saus yang pemanisnya (bisa berupa sirup jagung) tertulis di bagian akhir komposisi atau tidak tercantum sama sekali.

2. Saus Salad
Saus salad bebas lemak bukan berarti bebas gula. Untuk mempertahankan rasanya, produsen menggunakan gula dan garam. Madu dan konsentrat sari buah sering jadi sumber utama kalori dalam saus salad. Terkadang dalam 2 sendok makan saus terdapat 2 sendok teh gula.
Gunakan saus yang berbahan utama minyak canola atau zaitun. Meski berkalori tinggi, keduanya baik untuk jantung. Namun jangan gunakan secara berlebihan.

3. Smoothies
Smoothies dalam kemasan bisa mengandung gula dalam jumlah banyak. Salah satu brand terkemuka mengandung 38 gram gula (9 1/2 sendok teh) dan 230 kalori per botol. Meski sebagian pemanis berasal dari susu rendah lemak (laktosa) dan sari blueberry (fruktosa), gula menempati urutan kedua setelah susu di daftar komposisi. Agar lebih sehat, buat smoothie sendiri di rumah.

4. Saus BBQ
Beberapa merk saus bbq mengandung 80% kalori dari gula. Bayangkan saja, dalam 2 sendok makan saus, terdapat 3 sendok teh gula. Bahan baku utamanya terdiri dari pure tomat, sirup jagung tinggi fruktosa, serta molasses. Meski demikian, ada pula saus barbecue yang mengandung gula lebih sedikit.

5. Sereal dan cracker multi grain
Sereal dan cracker berbahan biji-bijian utuh (multi grain) memang menyehatkan. Selain mengandung banyak serat, makanan ini juga rendah lemak. Namun, tak jarang makanan sehat ini mengandung gula cukup tinggi. Per cup sereal multi grain mengandung 6 gram gula. Pilih yang tawar atau natural saja. Tambahkan buah atau satu sendok teh gula jika ingin rasanya manis.Cracker juga demikian. Per porsinya bisa mengandung 4 gram gula. Meski demikian, ada beberapa merk yang tidak mengandung gula sama sekali.

Dari daftar makanan diatas hanya sebagian dari makanan yang harus di hindarkan, dan apabila ingin tahu lebih jauh, Anda bisa menanyakan hal ini ke Dokter yang mempunyai ke ahlian di bidang ini.
Satu lagi hal yang perlu Anda ketahui tentang Tips Mengobati kepala pusing, Mata berkunang-kunang penyakit yang satu ini juga jangan di biarkan begitu saja karena berbahaya !!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...