Uni Eropa Kutuk Israel

Menteri luar negeri Uni Eropa pada Senin, 14/05/12 mengeluarkan pernyataan kecaman keras terhadap Israel. Kecaman itu menyangkut pembangunan permukiman, kekejaman dan penganiayaan atas warga Palestina.

"Uni Eropa menyatakan keprihatinan mendalam atas perkembangan di lapangan yang mengancam gagalnya penyelesaian dua negara," kata menteri kelompok 27 negara itu dalam pernyataan yang dikeluarkan seusai pembicaraan di Brussels.

Mereka juga menyuarakan keprihatinan atas penggusuran dan penghancuran rumah Palestina di Yerusalem Timur dan pencegahan kegiatan budaya, ekonomi, sosial atau politik damai Palestina.

Tentang wilayah disebut Daerah C di Tepi Barat yang diduduki, pernyataan itu menggaris-bawahi pemburukan keadaan hidup penduduk Palestina.

Sikap menteri itu menyusul laporan yang dikeluarkan oleh lembaga swadaya masyarakat yang menyatakan pada tahun lalu Israel menghancurkan puluhan rumah, tangki air dan bangunan pertanian warga Palestina.

Di daerah C, Israel memberlakukan blokade atas pemerintah Palestina, kata pernyataan itu.

Dengan mengatakan masa depan Daerah C sangat penting bagi negara Palestina masa depan, karena itu adalah cadangan lahan utamanya. Uni Eropa mendesak Israel segera menghentikan penghancuran rumah-rumah penduduk dan mengakhiri pemberian izin bangunan.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Israel mengeluarkan pernyataan dan mengecam pernyataan Uni Eropa. dari sini

pernyataan yang beresiko...bisa-bisa mendadak hilang atau mati mengenaskan dengan berbagai alsan!!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...