Aksi Bom Bunuh Diri Anti-Syiah Tewaskan 18 Orang di Irak

Baghdad, Lagi-lagi aksi bom bunuh diri terjadi di Irak. Seorang pengebom bunuh diri meledakkan mobil bermuatan bahan peledak di sebuah kantor pusat yayasan Syiah di Baghdad, Irak. Akibatnya, sedikitnya 18 orang tewas dalam peristiwa tersebut.

Serangan bom tersebut terjadi pada Senin sekitar pukul 11.00 waktu setempat di luar yayasan Syiah di Baab al-Muadham, Baghdad tengah. Lebih dari 50 orang terluka dalam serangan bunuh diri itu. Ini merupakan aksi bom bunuh diri kedua di Baghdad dalam beberapa hari terakhir.

Akibat pengeboman ini, gedung yayasan tersebut hancur total. Demikian disampaikan wakil kepala yayasan Syiah tersebut, Sami al-Massudi kepada AFP, Senin (4/6/2012).

"Kami tidak menuduh siapapun, namun kami mengimbau rakyat Irak dan khususnya putra-putra agama kami untuk mengubur perselisihan karena ada rencana untuk memicu perang saudara antar rakyat dan antar sekte-sekte Irak," cetus Massudi.

Menurut Massudi, yayasan Syiah tersebut telah menerima sejumlah ancaman dalam beberapa hari terakhir. Hal ini terkait dengan pertikaian mengenai kuil Al-Askari, yang merupakan ikon bagi muslim Syiah yang berada di Kota Samarra, sebelah utara Baghdad yang mayoritas berpenduduk Sunni.

Dalam aksi bom mobil hari ini, beberapa mobil dan gedung-gedung di sekitar yayasan Syiah tersebut rusak parah. Sebelumnya pada 31 Mei lalu, serangkaian pengeboman di Baghdad menewaskan 17 orang.

(ita/nrl)

http://news.detik.com/read/2012/06/0...-orang-di-irak


mengapa harus bom ? bom lagi ? bom lagi ? bom lagi ? bom lagi ? bom lagi ? bom lagi ?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...