Daftar Macet PAntura Bertambah, Jembatan Pemali Brebes ambles lagi, baru 1th dibuka

Lantai Jembatan Pemali Ambles

BREBES - Jembatan Sungai Pemali di Kota Brebes kembali bermasalah. Lantai jembatan dari pelat baja ambles di sejumlah titik. Akibatnya, arus lalu lintas di jalur pantura Brebes macet, Minggu (10/6). Antrean kendaraan mengular dari arah barat maupun timur hingga lebih dari satu kilometer.

Sedikitnya ada tiga titik lantai pelat baja jembatan yang ambles. Kerusakan itu terjadi di jembatan Sungai Pemali sisi sebelah utara. Kondisi demikian membuat jembatan tidak bisa berfungsi normal, karena berbahaya bagi pengguna jalan. Bahkan, jembatan ditutup bagi kendaraan besar seperti truk dan bus. Arus lalu lintas jenis kendaraan itu terpaksa dialihkan ke jembatan di sisi selatan.

Keadaan itu menyebabkan arus lalu lintas jalur pantura Brebes macet. Kemacetan terparah terjadi pada arus kendaraan dari arah timur atau yang menuju Jakarta. Antrean kendaraan lebih panjang dibanding dari arah yang berlawanan. Kondisi itu dikeluhkan para pengguna jalan dan warga sekitar. Akibat jalan macet aktivitas warga terganggu.

Kerusakan lantai jembatan Pemali sisi utara itu bukan kali pertama. Sebelumnya, lantai jembatan juga ambles. Itu terjadi akibat las pengikat antara plat baja terlepas. Meski sudah diperbaiki, tetapi kembali ambles. Hal itu kerap menjadi pemicu kemacetan di pantura Brebes. Hingga kemarin siang, arus lalu lintas berangsur normal. Itu setelah petugas Satlantas Polres Brebes dan Dinas Perhubungan mengurai kemacetan.
"Sejak semalam jalan macet. Penyebabnya ya itu, jembatan Pemali rusak lagi," keluh Farah (24), warga Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes, Minggu (10/6). (H38-48)

Belum setahun sudah rusak lagi, Jembatan rembun lagi di perbaiki macet hingga 5 km

Quote:

Senin, 01 Agustus 2011 15:13 WIB
BREBES--MICOM: Setelah mengalami perbaikan selama beberapa bulan, Jembatan Pemali di jalur pantura Brebes, Jawa Tegah, akhirnya dibuka, Senin (1/8).

Namun demikian, belum semua jenis kendaraan bisa melewati jembatan, karena belum 100% jadi.

Kendaraan yang baru bisa melewati yakni kendaraan pribadi, bus, dan roda dua. Kendaraan berat seperti truk gandeng dan tronton masih menunggu jembatan selesai seratus prosen.

"Sebenarnya Jembatan Pemali belum jadi seratus persen. Namun, untuk kepentingan yang lebih mendesak, akhirnya kami buka juga," ujar asisten Pengawas Binamarga Jateng Dwi Deni Afriani usai pembukaan jembatan.

Untuk tahap selanjutnya akan dilakukan pengaspalan, karena kondisi lantai jembatan masih licin, sehingga membahayakan, terutama bagi kendaraan roda dua.

"Intinya Binamarga masih melakukan finishing dan sebelum H-10 sudah seratus persen jadi," janji Dwi.

Sebelumnya, perbaikan Jembatan Pemali mengundang protes berbagai pihak, karena penanganannya yang dinilai sangat lambat. Pembukaannya molor dari yang dijanjikan semula selesai 30 Agustus. (JI/OL-5)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...