[Danger!!!] Malaysia Ingin Klaim Tarian Tor-Tor

[imagetag]
Tarian Tor-Tor. antarasumut.com


TEMPO.CO, Jakarta- Pemerintah Malaysia berkeinginan mengakui Tari Tor-tor dan alat musik Gondang Sambilan (Sembilan Gendang) dari Mandailing sebagai salah satu warisan budaya negara tersebut.

Seperti dilansir Kantor berita Bernama di Malaysia, Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Rais Yatim berencana mendaftarkan kedua budaya masyarakat Sumatera Utara itu dalam Seksyen 67 Akta Warisan Kebangsaan 2005.

"Tarian ini akan diresmikan sebagai salah satu cabang warisan negara" kata Datuk Seri Dr Rais Yatim seperti dikutip Bernama, usai meresmikan Perhimpunan anak-anak Mandailing, Kamis 14 Juni 2012. "Tapi (pengiktirafan ini) dengan syarat, pertunjukan berkala mesti ditunjukkan, bermakna tarian mestilah ditunjukkan, paluan gendang dipelbagaikan dalam pertunjukan di khalayak ramai,"

Menurut Rais, rencana itu penting dilakukan untuk memperjuangkan seni dan budaya masyarakat Mandailing. Upaya ini juga bertujuan membuka wawasan warga di negara tersebut tentang asal usul mereka.

Masyarakat Sumatera Utara, Indonesia, mengenal Tari Tor-tor sebagai salah satu bagian dalam upacara-upacara adat untuk menghormati para leluhur. Adapun Mandailing merupakan salah satu suku di Sumatera Utara.


http://www.tempo.co/read/news/2012/0...Tarian-Tor-Tor


:marah Awas Budaya kita mau di malingin lagi nih
:bata
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...