Di Saudi, Wanita Mengemudi Diganjar Bui

Riyadh, PelitaOnline – Namanya Manal Al-Syarif. Perempuan ini sejak 21 Mei ditahan polisi moral Kerajaan Arab Saudi. Kesalahannya, cuma mengunggah video yang memperlihat dirinya sedang mengemudi.

Arab Saudi yang menganut paham ultrakonservatif Wahabisme punya aturan unik yang tidak ada di belahan dunia mana pun, melarang perempuan mengemudi. Alasannya, hal itu bisa memicu kemaksiatan. Sebab, perempuan yang mengemudi bisa bebas bepergian dengan pria bukan muhrim.

Larangan ini membuat kaum perempuan di negeri itu harus menyewa supir 24 jam atau mengandalkan kerabat pria mengemudikan kendaraan mereka.

Kasus penahanan Al-Syarif menarik perhatian dan simpati dari dalam dan luar Saudi. Sebuah situs di dunia maya mengampanyekan protes mengemudi massal pada 17 Juni sebagai solidaritas bagi Al-Syarif. Akun Facebook Al-Syarif pun berhasil menggaet 12.000 teman, meskipun kemudian ditutup oleh pemerintah.

Entah karena tekanan itu atau tidak, otoritas Saudi membebaskan Al-Syarif, Senin. Namun, dia harus menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengemudi lagi dan berbicara kepada wartawan.(ap/irman a)


[imagetag]

http://www.pelitaonline.com/read/dun...-diganjar-bui/



wahabi arab yang benar atau gimana ya?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...