Google catat "urutan partai korupsi" Demokrat, PDIP, Golkar

Jakarta, Aktual.co — Sudah hampir setahun Partai Demokrat (PD) disibukkan dengan kasus korupsi mantan Bendahara Umum PD Muhammad Nazaruddin. Sejak ditangkap di Colombia 8 Agustus 2011 pemberitaan di media masa terus menyoroti mega korupsi pria asal Pekanbaru tersebut. Hasilnya elektabilitas PD dalam jajak pendapat merosot tajam.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan Ketua Dewan Pembina PD pun angkat bicara." Itu yang bisa menjelaskan. Serangan-serangan gencar kepada Partai Demokrat, terutama melalui televisi, itu yang menggerus Partai Demokrat. Pertanyaannya, adil kah? Apakah hanya Partai Demokrat yang terlibat korupsi? Jawabannya tidak," ujarnya saat menghadiri forum silaturahmi pendiri dan deklarator PD, di Hotel Sahid (13/6).

SBY dalam pidato tersebut juga menyebut ada dua partai yang lebih korup dibanding PD. Kasus korupsi di kabupaten/kota periode 2004-2012, oknum PD yang terlibat dalam kasus korupsi sejumlah 11,5 persen. "Di atasnya masih ada dua parpol, masing-masing 27 persen, dan 14,4 persen," ungkapnya.

Namun dari sisi pemberitaan, Google.com punya penilaian tersendiri. Laman pencarian ini mencatat PD menduduki posisi pertama dalam jumlah pemberitaan terkait korupsi. Per tanggal 28 Juni 2012, setidaknya ada 5.910.000 artikel yang menuliskan kata "Korupsi Partai Demokrat".

Sementara itu dengan kode pencarian yang sama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menduduki posisi kedua dengan 2.830.000 artikel. Partai Golkar 2.540.000 artikel di posisi ketiga. Sedangkan untuk kode pancarian "Korupsi Muhammad Nazaruddin" Google mencatat 1.530.000 artikel.


Data: http://www.aktual.co/hukum/171753dem...lesoal-korupsi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...