Ini demi rampas keuntungan para bandar narkoba dan lemahkan kejahatan

VIVAnews -- Jika negara-negara seperti Belanda, Portugis, dan Swiss melonggarkan penggunaan ganja, Uruguay bahkan melangkah lebih berani: menjadi negara pertama di dunia yang menjual ganja pada warganya sendiri secara legal.

Mengurangi kriminalitas menjadi alasan. Dengan aturan itu, pemerintah akan menjadi satu-satunya pihak yang diizinkan menjual ganja pada penduduk yang telah dewasa, yang telah terdata di pusat data pemerintah -- memungkinkan aparat keamanan bisa mengawasi jumlah ganja yang mereka beli secara terus-menerus.

Menteri Pertahanan Eleuterio Fernandez Huidobro mengatakan keputusan itu bertujuan untuk melemahkan kejahatan di negara itu, memindahkan keuntungan dari para bandar narkoba, sekaligus mengalihkan orang dari obat-obatan yang lebih keras dan berbahaya.

Rancangan aturan tersebut akan segera dikirimkan ke parlemen, meski tanggal pastinya belum ditentukan. "Kami melakukan pergeseran ke arah kontrol pemerintah yang lebih ketat pada produksi dan distribusi ganja ini," kata Huidobro seperti dimuat Daily Mail.

"Ini pertarungan di dua sisi, melawan konsumsi dan perdagangan narkotiba. Kami berpendapat, larangan yang diterapkan untuk beberapa jenis narkoba akan menciptakan masalah lebih besar di masyarakat, ketimbang kandungan obat-obatannya itu."

Media cetak di Uruguay melaporkan, uang yang dihasilkan dari ganja yang dijual pemerintah akan disalurkan ke pusat-pusat rehabilitasi kecanduan narkoba.

Saat ini, tidak ada hukum yang melarang ganja di Uruguay. Kepemilikan narkoba untuk konsumsi pribadi tak pernah dikriminalisasi. Namun, orang yang mengonsumsi rokok ganja di atas batas, harus menjalani rehabilitasi.

Sejumlah warga Uruguay mempertanyakan efektivitas kebijakan pemerintah itu. "Orang yang mengonsumsi ganja tak akan mau membelinya dari pemerintah," kata Natalia Pereira (28), yang mengaku kadang mengonsumsi ganja. "Mereka tak percaya jika harus membelinya di tempat dimana orang harus mendaftar dan lalu diawasi."

Psikolog yang menangani orang-orang kecanduan obat, Juan Carlos Redin berpendapat, pemerintah sebaiknya tak ikut campur. "Pertanyaannya, siapa yang akan menyuplai ganja ke pemerintah," kata dia.

Sementara, Allen St Pierre anggota organisasi reformasi hukum mariyuana atau NORML mengatakan, kebijakan itu akan membuat Uruguay menjadi negara pertama di dunia yang menjual ganja.

wow, ternyata negara yg sangat maju dan setelong memang :recsel
mo ke FJB dulu, sapa tau ada yg jual .................:ngacir
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...