Iran larang perempuan NOBAR

TEMPO.CO, Teheran – Para perempuan di Iran dilarang mengikuti acara nonton bareng pertandingan Piala Eropa 2012 karena situasinya tidak pantas di mana para lelaki bisa sangat liar. Demikian dikatakan seorang pejabat kepolisian Iran, Minggu (10/6).

"Merupakan situasi yang tidak pantas saat para lelaki dan perempuan menyaksikan sepakbola bersama-sama di bioskop," kata Bahman Kargar, wakil kepala kepolisian Iran yang menangani masalah social seperti dikutip kantor berita ISNA.

"Para lelaki, saat menyaksikan sepakbola, biasanya menjadi bersemangat dan terkadang melontarkan makian atau kata-kata kotor," katanya. "Merupakan hal yang tak sesuai dengan kehormatan para perempuan untuk menyaksikan sepakbola bersama para lelaki. Para perempuan seharusnya berterima kasih kepada pihak kepolisian atas larangan ini."

Iran, seperti kebanyakan negara lainnya yang masyarakatnya menggilai sepakbola, juga menayangkan laga-laga Euro 2012 secara langsung.

Mereka juga menggelar acara nonton bareng untuk pasangan suami istri dan keluarga di bioskop-bioskop yang telah dilakoni sejak Piala Dunia dan Piala Asia 2011.

AP | A. RIJAL

http://www.tempo.co/read/news/2012/06/11/225409655

hidup IRAN !
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...