ITB Sediakan Beasiswa Rp139 Miliar

BANDUNG--MICOM: Institut Teknologi Bandung (ITB) mengalokasikan beasiswa Rp139 miliar dari total perputaran uang Rp1 triliun setiap tahun.

Beasiswa tersebut tidak hanya berasal dari dana milik ITB atau sumbangan para alumni, namun juga dari berbagai pemangku kepentingan yang ikut serta berkontribusi dalam dunia pendidikan.

Beasiswa itu terbagi atas dua kategori yaitu beasiswa bagi kalangan tidak mampu dan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

"Tentu ada juga kombinasi antara beasiswa bagi yang tidak mampu dan berprestasi, itu hal yang biasa," kata Rektor ITB Akhmaloka di Bandung, Jawa Barat, Senin (25/6).

Menurut dia, sekitar 20 persen dari jumlah mahasiswa ITB setiap tahunnya berasal dari kalangan tidak mampu. Pada 2012, dari total 3.400 kursi yang disediakan ITB sekitar 800 dialokasikan bagi mahasiswa tidak mampu dalam program beasiswa bidik misi.

Selain program bidik misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Akhmaloka menjelaskan ITB juga menyediakan beasiswa dalam program Beasiswa ITB untuk Semua (BIUS) yang melibatkan pihak ketiga dan juga sumbangan alumni, serta beasiswa dari berbagai pemerintah provinsi.

Ada juga beasiswa sistem voucher untuk membebaskan biaya pangkal terutama bagi mahasiswa program pascasarjana yang berprestasi.

Untuk tahun akademik 2012, Akhmaloka mengatakan saat ini proses verifikasi bagi calon mahasiswa yang meminta keringanan biaya masih berlangsung.

Dari jalur undangan, ITB telah memperoleh 600 calon mahasiswa program bidik misi. Sisanya sebanyak 200 orang akan dipenuhi dari jalur tes tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang hasilnya akan diumumkan 7 Juli 2012.(Ant/OL-9)

SUMBERTKP

Buat yg ngerasa ITB mahal, ini gratis kok :Yb
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...