Kok Masih Ada Gizi Buruk di Jakarta?

Calon gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi takjub dengan anggaran kesehatan pemerintah DKI Jakarta. "Anggaran kesehatan DKI Rp 600 miliar. Saya tidak bisa bayangkan, guede banget," ujarnya. Karena anggaran yang jumlahnya luar biasa ini, Wali Kota Solo ini yakin salah satu program andalannya, yakni Jakarta Sehat, akan diapresiasi dan menarik minat warga.

Menurut Jokowi, angka ini sangat jomplang dibandingkan dengan anggaran kesehatan Kota Solo yang hanya sekitar Rp 19 miliar. Ia pun mulai berhitung. Dalam perhitungan kasarnya, dengan lima wilayah administrasi, anggaran kesehatan DKI Jakarta mestinya cukup anggaran Kota Solo dikalikan lima.

"Sekitar Rp 100 miliar cukup. Ini ada Rp 600 miliar, kok masih ada gizi buruk di Penjaringan, ada yang tidak bisa masuk rumah sakit di Kampung Melayu," ujarnya. Kendati begitu, angka Rp 100 miliar bisa membengkak. Sebabnya, ada perbedaan harga ruangan rumah sakit, obat, dan dokter antara Solo dan Jakarta. "Bisa jadi sekitar Rp 360 miliar," ujarnya.

Jokowi menilai pelayanan kesehatan yang amburadul di Jakarta disebabkan oleh sistem yang tidak terbangun. Ujung-ujungnya warga miskin tak bisa memperoleh pelayanan kesehatan yang mumpuni. "Duitnya ada, tapi sistem tidak ada. Sistem inilah yang kami tawarkan. Sudah tujuh tahun diterapkan di Solo dan berjalan," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, calon gubernur dan wakil gubernur Jokowi-Ahok menjual dua program utama untuk mencari simpati warga Jakarta. Selain Jakarta Sehat, calon pasangan nomor tiga ini juga menawarkan Jakarta Pintar. Dua program ini berati warga Jakarta bisa mendapat pelayanan kesehatan dan pendidikan secara gratis.






SUMBERRR



perbandingannya selalu dengan SOLO, masalahnya SOLO sama JAKARTA demografinya kan berbeda... tapi memang benar, jika dibandingkan dengan jumlah anggaran sebesar itu dengan kenyataannya kayany sih patut dipertanyakan. asal jangan isu ini justru cuma untuk memenangkan aja, setelah memang trus lupa kacau deh...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...