Kuala Lumpur Diselimuti Kabut Asap

[imagetag]

TEMPO.CO , KUALA LUMPUR: - Kabut asap menyelimuti Kuala Lumpur dan wilayah sekitarnya dalam beberapa hari terakhir. Diduga, akibat kebakaran hutan di Riau, Indonesia.

Seperti dilansir kantor berita Antara, Sabtu 16 Juni 2012, kabut asap yang mulai terlihat di Kuala Lumpur sejak Jumat 15 Juni 2012 petang ini semakin pekat.

Jabatan Alam Sekitar (JAS) dalam pernyataannya mengemukakan bahwa kondisi tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan karena cuaca kering di beberapa negeri di utara dan pantai barat Semenanjung.

Laporan pemantauan satelit NOAA-18 yang dikeluarkan oleh ASEAN Specialised Meteoroligal Centre menunjukkan bilangan titik panas di Sumatera, Indonesia meningkat sejak Selasa 12 Juni 2012.

Gambar satelit juga menunjukkan asap dibawa angin dari kawasan titik panas di wilayah Riau menuju pantai barat Semenanjung Malaysia.

Beberapa media lokal yang terbit di Kuala Lumpur melaporkan kualitas udara di beberapa daerah menurun terutama Pelabuhan Klang, Kuala Selangor, Shah Alam dan Cheras.

Sementara itu Berita Harian melaporkan, di Shah Alam kawasan paya bakau di beberapa area juga terbakar sehingga menambah buruk kualitas udara.

"Kebakaran di Sungai Kelabu dan Johan Setia berhasil dipadamkan sementara di Pulau Kempas sedang diusahakan anggota kami," kata seorang pejabat pemadam kebakaran Selangor, Mohamad Sani Harul.

JAS mengimbau warga untuk tidak melakukan pembakaran terbuka serta meningkatkan program pencegahan kebakaran lahan gambut.

====

indonesia memang baik hati, selain tari tor-tor, asap pun juga diekspor juga ke tetangga :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...