Laga Polandia vs Rusia Berpotensi Rusuh

[imagetag]

TRIBUNNEWS.COM, WARSAWA - Setelah menyelesaikan semua pertandingan perdana di babak penyisihan grup A sampai D, kini tiba saatnya Euro 2012 memasuki pertandingan kedua babak penyisihan grup, yang kembali akan diawali dari grup A. Laga nanti malam akan menyajikan pertarungan tuan rumah Polandia dan Rusia, yang akan melakukan perhitungan di National Stadium, Selasa (12/6/2012) malam ini.
Bagi penggemar kedua tim, pertandingan ini tidak hanya sekedar akan menentukan nasib untuk melaju ke babak selanjutnya, tapi lebih dari sebuah pertandingan yang sarat emosi dan menguras energi. Semuanya tidak bisa dilepaskan dari sejarah Polandia dan Ruisa yang pernah terlibat dalam ketegangan dahsyat Perang Dunia ke-2.
Bahkan banyak orang di Warsawa memprediksi akan terjadinya kerusuhan di pertandingan ini, yang mungkin akan terjadi baik di dalam maupun di luar stadion. Panasnya atmosfer pertandingan ditambah dengan emosi warga Polandia yang masih sangat hati terhadap Rusia akan jadi faktor penyulut kerusuhan.
"Potensi terjadinya rusuh di pertandingan itu sangat besar. Kami pendukung Polandia punya sejarah tidak bagus dengan orang Rusia. Itu membekas sampai sekarang. Kami juga melihat orang Rusia yang datang ke Polandia benar-benar tidak mau mengalah," kata salah seorang fans Polandia Monica saat ngobrol di salah satu toko alat handphone di Warsawa, Senin (11/6/2012).
Menurut Monica, baik Polandia maupun Rusia sama-sama memiliki ultras fanatik yang tidak segan melakukan tindakan brutal saat menyaksikan pertandingan Polandia kontra Rusia. Bahkan ultras Rusia dituding Monica akan melakukan penyerangan terhadap ultras Polandia saat kedua tim terlibat bentrok.
"Ultras Polandia kebanyakan berasal dari kota Krakov. Di sana jumlahnya ribuan dan dipastikan akan merapat ke Warsawa saat pertandingan nanti. Kami menerima kabar bahwa ultras Rusia juga banyak yang akan datang ke Warsawa. Kami semua siap menyambut mereka dengan kondisi dan situasi apapun," katanya.
Dari pantauan Tribun, memang fans Rusia sudah banyak yang berdatangan ke Warsawa sejak kemarin sore. Bahkan diantara mereka ada yang baru pulang dari Gdansk usai menyaksikan pertandingan Spanyol kontra Italia. Tribun mendapati puluhan fans Rusia di kereta api dalam perjalanan dari Gdansk ke Warsawa.
Rusia yang pernah menginvasi Polandia pada Perang Dunia kedua dan pernah lama mencengkram Polandia dengan faham komunis, memang terlihat sangat superior terhadap bangsa yang pernah dijajahnya itu. Sikap percaya diri selalu ditunjukkan fans Rusia dimanapun mereka mengunjungi kawasan-kawasan penting Polandia.
Itulah yang membuat masyarakat Polandia merasa antipati terhadap orang Rusia. Setiap kali Tribun mewawancarai orang Polandia dan bertanya tentang Rusia, muka mereka langsung berubah dan paling banyak mengatakan "I Hate Russian".
Terlepas dari semua itu, Polandia mau tak mau harus mampu mengalahkan Rusia di pertandingan ini. Kalah di laga ini berarti akan sangat fatal buat Polandia. Mereka akan malu sebagai tuan rumah karena memperjuangkan nama bangsa dan parahnya akan membuat peluang Polandia lolos dari babak penyisihan grup berat.
Timnas Polandia melakoni laga perdana dengan hasil tidak maksimal. Mereka ditahan imbang Yunani 1-1 dan berada di urutan dua klasmen babak penyisihan grup A. Sementara Rusia sendiri mantap berdiri kokoh di puncak klasemen dengan raihan poin absolut setelah di laga perdana membantai Republik Ceko dengan skor 4-1.(Tribunnews.com/cen)

http://www.tribunnews.com/2012/06/12...rpotensi-rusuh

Wah kacau nih supporter tim beruang merah :takut
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...