Lembaga Adat Mandailing Lawan Klaim Malaysia

[imagetag]

Upaya Malaysia mengklaim seni kebudayaan Gordang 9--gendang dengan jumlah 9--dan tarian Tor-tor mendapat perlawanan dari lembaga adat suku Mandailing, Sumatera Utara. (baca: Tarian Tor - tor Mandailing Diklaim Malaysia)

Ketua Lembaga Adat Sidimpuan, Haji Saleh Salam Harahap, menyatakan alat musik Gordang 9 dan tarian Tor-tor adalah budaya yang telah lama lahir dan dikenal luas sebagai milik suku Batak dan Mandailing. "Budaya itu sudah ada sejak 500 tahun lalu di Mandailing," kata Saleh Salam bergelar Baginda Tambangan Harahap.

Saleh yakin komunitas Mandailing yang tersebar di Malaysia juga bakal menghalangi upaya Malaysia mengklaim budaya itu sebagai milik negara jiran.

"Ada dua lembaga adat Mandailing di Malaysia, dan saya kenal pada pemangku adatnya. Tidak mungkin para pemangku adat Mandailing di Negara Bagian Perak, Malaysia, dan di Kuala Lumpur menggadaikan kebudayaan sukunya," kata Saleh.

Kantor berita Bernama Malaysia melansir pernyataan Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia, Datuk Seri Dr. Rais Yatim, meresmikan tarian Tor-tor sebagai cabang warisan Malaysia. "Saya akan komunikasi dengan ketua adat Mandailing di Malaysia soal ini," ujar Saleh.




SUMBERRR



lawan..!!!
enak aja malay ngaku2...!
:marah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...