Negara Asing Incar Bali Jadi Sister Province

VIVAnews - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengungkapkan bahwa Bali diincar berbagai negara atau provinsi asing maupun dalam negeri untuk menjadi "Sister Province" dalam kerja sama berbagai bidang.
Beberapa negara dan provinsi asing yang berharap Bali menjadi sister province antara lain Hawaii (Amerika Serikat), Miyagi (Jepang), Hainan dan Yu Nan provinsi China.

"Kesempatan untuk menjadi sisters province atau sisters island dengan Bali sangat terbuka lebar. Bahkan, mereka sendiri yang datang berkali-kali ke Bali dan meminta agar bisa dijadikan kerja sama tersebut. Tapi saya belum berpikir secara serius untuk hal itu, karena saat ini saya harus membatasi diri untuk terus menerus pergi ke luar negeri," kata Pastika, Sabtu 23 Juni 2012.

Pastika menceritakan, dulu pernah ada tawaran dari Miyagi, Jepang. Bahkan, Prefectur Miyagi Jepang pernah datang ke Bali untuk menyatakan kerja sama tersebut. "Malah, dikatakan jika Pelabuhan Kesennuma telah memiliki kerja sama yang baik dengan Pelabuhan Benoa di Denpasar," ujarnya.
Selain itu, Hawaii juga menyatakan keinginannya untuk bersinergi di bidang pariwisata dalam bentuk sister province dengan Provinsi Bali melalui surat resmi. "Namun, kami belum sempat menanggapinya secara serius," kata Pastika.

Bahkan, lanjutnya, Pemerintah Hawaii merencanakan perjalanan wisata langsung dari kawasan wisata yang baru saja menjadi tuan rumah KTT APEC 2011 ke Bali atau sebaliknya.
Dari semua permintaan tersebut, menurut Pastika, pihaknya justru akan melirik ke Yu Nan dan Hainan, dua provinsi di China bagian selatan. Kedua provinsi itu, memiliki kesamaan dalam hal iklim dan cuaca. "Iklimnya sama. Beberapa kondisi cuaca hampir sama dan perekonomian mereka relatif stabil. Ini sangat cocok untuk diajak kerja sama," ujarnya.

Pemprov Bali, lanjut mantan Kapolda Bali itu, akan menggarap kerja sama tersebut dalam bidang pariwisata, pertanian, ilmu pengetahuan, dan seni budaya. Pemerintah kedua provinsi di China bagian selatan itu juga sudah tiga kali datang ke Bali untuk membicarakan hal tersebut.

Namun, ia mengaku bahwa Pemprov Bali juga belum memberikan jawaban pasti hingga sekarang. Kendati, beberapa produk unggulan mereka seperti buah-buahan hortikultura juga hampir sama dengan Bali.
"Kita mengharapkan, kerajinan Bali bisa diterima di dua provinsi tersebut secara besar-besaran. Wisatawan juga bisa dipasok dari sana," tutur Pastika.

http://bisnis.vivanews.com/news/read...ister-province

apakah ini pertanda bali pun akan keluar dari nkri ? apabila terjadi jelas orang di bali makin berkembang pesat dari objek wisata nya dll yg berkaitan . kerugian besar di depan pintu dpr kita
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...