Pesawat Timpa Gedung, 147 Penumpang Tewas

VIVAnews - Sebuah pesawat terbang komersil jatuh di Kota Lagos, Nigeria, Minggu waktu setempat. Semua awak dan penumpang tewas setelah pesawat itu jatuh dan menghantam sejumlah bangunan di suatu distrik yang padat penduduk.

Menurut kantor berita Reuters, jumlah korban tewas di dalam pesawat sebanyak 147 orang. Otoritas Penerbangan Sipil Nigeria mengungkapkan bahwa pesawat naas itu milik maskapai Dana Air. Belum jelas apakah ada penduduk yang tewas tertimpa pesawat dan berapa banyak jumlahnya.

Maskapai Dana Air mengungkapkan bahwa pesawat yang jatuh itu adalah McDonnell Douglas MD-83. Kecelakaan terjadi pada pukul 14.44 waktu setempat di dekat Bandara Murtala Muhammed, Lagos.

Jelang kecelakaan, pesawat tampak bersiap mendarat di Lagos. Melayani rute dari Ibukota Abuja menuju Lagos, pesawat itu jatuh di distrik Iju, yang terletak di sebelah utara bandara.

"Kami mendengar ledakan besar, sempat dikira berasal dari tabung gas," kata seorang saksi mata bernama Timothy Akinyela kepada Reuters. "Kemudian disusul ledakan-ledakan berikut, dan orang-orang berlarian ke luar bangunan," lanjut Akinyela, seorang jurnalis yang saat itu berada di kedai minum dekat lokasi jatuhnya pesawat.

Jatuhnya pesawat diikuti kebakaran dahsyat. Namun petugas pemadam kesulitan mencapai lokasi lantaran sudah dikerumuni banyak orang.

Pemadaman dan evakuasi korban berlangsung ricuh. Petugas keamanan terpaksa membubarkan massa dengan cara kekerasan dan dibalas dengan lemparan batu.

Penyebab kecelakaan masih diselidiki. Namun stasiun berita BBC mengungkapkan bahwa Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan, langsung mencanangkan masa berkabung nasional selama tiga hari.
http://dunia.vivanews.com/news/read/...enumpang-tewas
:berdukas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...