[Seperti kampanye] 1.300 Pemegang JPK-Gakin Dapat Berobat Gratis

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengubah sekitar 1.300 Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) menjadi kartu peserta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Keluarga Miskin (JPK-Gakin) pada rentang 2007 hingga 2011. Perubahan bertahap itu dilakukan agar masyarakat tidak mampu bisa mendapat pelayanan kesehatan gratis. Sebelumnya, pemegang SKTM masih dikenai biaya 30-50 persen dari biaya kesehatan.

"Kami ingin keluarga tidak mampu dapat menikmati pelayanan kesehatan gratis pula. Tidak boleh ada pasien miskin yang dikalahkan oleh sistem birokrasi. Harus tetap dilayani secara optimal," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati.

Menurut dia, selama 2011 ada 700 SKTM yang diubah menjadi JPK-Gakin. Jumlah itu berdasarkan kartu keluarga. Saat ini ada 88 rumah sakit yang melayani JPK Gakin dan SKTM, enam di antaranya merupakan rumah sakit umum daerah dan selebihnya rumah sakit swasta. Seluruh rumah sakit tersebut menandatangani ikatan kerja sama (IKS) dengan Dinas Kesehatan.

Dinas Kesehatan meminta rumah sakit agar pelayanan kesehatan bagi pemegang kartu JPK Gakin dan SKTM tak terbentur alasan hari libur seperti Sabtu dan Minggu. Pengurusan Gakin atau SKTM, kata Dien, diberi waktu 3 kali 24 jam. "Bisa dilakukan pada Senin, Selasa, atau Rabu. Jadi tak ada alasan pasien tak bisa dilayani," ujar Dien.





SUMBERRR




whahahaha
ini nih ya kayanya foke gak mau kalah sama program alex yang pengen bikin pengobatan gratis...
kenapa baru sekarang?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...