Sultan HB X : Marzuki Tak Mengerti Sejarah Yogya

Pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie soal keistimewaan Yogyakarta menuai tanggapan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Raja Keraton Yogya yang juga Gubernur DI Yogyakarta kecewa apalagi jika pernyataan itu dilontarkan Ketua DPR. "Marzuki tidak mengerti sejarah. Keistimewan Yogyakarta itu bukan permintaan sekarang, tetapi sudah ada sejak zaman kemerdekaan 1945," kata Sultan. " "Yang bilang Yogya itu minta keistimewaan siapa? Kalau itu pancen ora ngerti sejarah (nggak tahu sejarah),"

Sultan pun menegaskan kembali bahwa DIY sudah memiliki keistimewaan yang terakomodasi dalam perundangan RI sejak masa kemerdekaan."Sekarang konteksnya kan melegitimasi ulang itu. Dan Panitia Kerja DPR pun sampai sekarang belum ada pembahasan," kata dia.

Sultan menambahkan sampai sekarang terkait penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur di DPR baru sampai tahap periode 2012-2017 dan belum tahu setelah itu. "Itu pun materinya juga belum siap meski sudah diputuskan semua fraksi terkait bagaimana nanti mekanismenya sampai 2017," kata Sultan yang lantas bergegas menuju bandara untuk ke Jakarta.

Diberitakan sebelumnya, Marzuki saat dialog Temu Nasional Komunitas Masyarakat Sriwijaya di Yogya akhir pekan lalu Sabtu 9 Juni 2012 mengatakan sulit baginya memberi keistimewaan bagi DIY karena khawatir daerah lain akan meminta hal serupa. Pihaknya juga khawatir jika Sultan ditetapkan tanpa batas waktu akan tersandung masalah yang membuat dirinya jadi terkena kasus hukum.(Baca:Marzuki: Sulit Beri Keistimewaan Yogyakarta )

Sementara itu pembahasan lanjut soal rumusan RUUK di Komisi II DPR RI yang dijadwalkan 13 Juni 2012 juga kembali ditunda. Padahal masa sidang keempat hanya dari Mei hingga Agustus. Semestinya pada tanggal 13 Juni kemarin ada pembahasan RUUK antara panitia kerja dengan kementerian dalam negeri (Kemendagri).




SUMBERRR





ribet juga! yang diribetin kan masalah pemilihan gub dan wagubnya dan intinya pastinya adalah pembagian kekuasaan... hiahahaha
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...