Taipan Liem Sioe Liong Meninggal Dunia

Sudono Salim alias Liem Sioe Liong Meninggal di Singapura

VIVAnews – Taipan Sudono Salim meninggal dunia di Singapura, Minggu 10 Juni 2012. Siapa sangka pemilik kerajaan Salim Group ini dulunya orang tak punya.

[imagetag]

Memiliki nama Liem Sioe Liong, Salim lahir di Fuqing, Fujian, China, 10 September 1915. Anak kedua dari seorang petani di Fujian.

Kekacauan politik di China pada 1938 membulatkan tekad Liem meninggalkan Fujian. Mengarungi Laut China menyusul kakaknya, Liem Sioe Hie, yang sudah menetap di Indonesia.

Dengan perahu kecil, dia berhasil mendarat di Surabaya. Harapannya, sang kakak menjemput. Tapi ternyata tidak. Sampai empat hari dia menunggu. Pihak imigrasi tak meloloskan Liem ke luar dari wilayah pelabuhan. Selama itulah Liem kecil tak makan.

Persis pada hari keempat, kakaknya menjemput. Liem kecil dibawa ke Kudus. Di situlah Liem dikenalkan dengan usaha rumahan, membuat kerupuk dan tahu. Keuletan Liem membuat usahanya maju.

Namun, pada 1940an, Jepang menjajah Indonesia dan usahanya bangkrut. Tak cuma itu, dia juga mengalami kecelakaan. Mobil yang ditumpangi masuk jurang. Seluruh penumpang meninggal, kecuali Liem. Luka parah membuat Liem dua hari tak sadar, namun akhirnya membaik.

Kemudian Liem pindah ke Jakarta. Semasa pemerintahan Orde Baru, usahanya berkembang pesat. Pada 1969, Om Liem, panggilan akrabnya, berkongsi dengan pengusaha Sudwikatmono, Djuhar Sutanto, dan Ibrahim Risjad membentuk CV Waringin Kentjana. Om Liem sebagai Chairman dan Sudwikatmono sebagai CEO.

Perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan kopi, lada, karet, dan kopra. Perusahaan ini juga melakukan impor beras dan gula.

"The Gang of Four" ini kemudian mendirikan pabrik tepung PT Bogasari pada 1970. Berbekal dari pinjaman pemerintah, Bogasari berkembang.

Kemudian pada 1975, kelompok ini mendirikan pabrik semen PT Indocement Tunggal Prakarsa. Pabrik ini berkembang pesat dan sempat memonopoli semen di Indonesia.

Belakangan Ciputra gabung. Mereka kemudian mendirikan perusahaan real estate PT Metropolitan Development yang membangun perumahan mewah Pondok Indah dan Bumi Serpong Damai.

Om Liem juga mendirikan bisnis otomotif melalui bendera PT Indomobil dan perbankan melalui Bank Central Asia (BCA).

Usahanya ini, mengantarkan Om Liem pernah jadi orang terkaya di Indonesia dan Asia. Bahkan pemilik Indofood ini pernah masuk daftar 100 orang terkaya dunia.

Sayangnya, ketika krisis moneter dan Soeharto lengser, usahanya ikut terpuruk. Bahkan Om Liem memilih tinggal di Singapura setelah pada pada 1998 rumahnya di Jalan Gunung Sahari, Jakarta, dijarah massa.

Belakangan usahanya bangkit lagi di tangan anaknya, Anthony Salim, dan menantunya, Franky Welirang. (Tokoh Indonesia dan Wikipedia)

Itulah sedikit cuplikan yang kami dapati dari beberapa media. Tetapi mari kita melihat obituari yang ditinggalkan untuk kita pelajari dan kita teladani.

Seorang pengusaha asal China yang lahir Tiongkok, 10 September 1915; banyak menyumbangkan jasa dan mengerakan serta membangun perekonamian di bangsa yang kita cintai Indonesia.

Sedikit banyak ada anggapan pro dan kontra, tentang segala usaha yang telah dilakukannya. Tetapi sebagai bangsa yang besar, seharusnya kita dapat melihat jasa yang diberikan.

Bila kita membaca berita diatas, bagaimana Om Liem merangkak dari seorang pengusaha kecil bertumbuh menjadi pengusaha besar, dan bahkan mengantarkan Om Liem menjadi orang terkaya di Indonesia dan Asia. Bahkan pemilik Indofood ini pernah masuk daftar 100 orang terkaya dunia.

Ini dapat menginspirasikan rakyat kita untuk mengikuti jejak langkahnya, yang begiru gigih untuk memajukan bangsa ini.

Juga dampak yang dihasilkannya. Kita dapat melihat hampir seluruh rakyat Indonesia, pernah menikmati lezatnya Indomie yang dimakan pada saat santai, ataupun pada saat mereka mengalami bencana alam.
Karena Indomielah mereka dapat memperpanjang kehidupan dimana, ketika terjadi bencana. Indomie adalah makanan cepat saji, yang sangat praktis dan mudah dimasak, serta dapat dimakan mentah sekalipun, juga tahan.
Sehingga hampir setiap kali terjadi bencana alam nasional INDOMIE selalu hadir.

Tidak hanya urusan perut, untuk masalah papanpun yang menjadikan kebutuhan pokok seluruh rakyat (ingat pangan, sandang, papan). Sumbangsih INDO CEMENT untuk pembangunan negeri ini, baik itu perumahan maupun gedung-gedung perkantoran juga sarana infrastruktur sangat memberikan dampak yang sangat besar.

BANK CENTRAL ASIApun yang didirikan oleh Om Liem, memberikan rasa aman bagi kebanyakan para penyimpan dana di bangsa ini. Selain itu BANK CENTRAL ASIA menjadi bank yang INOVATIF, dimana BCA adalah bank pertama yang memakai mesin ATM, Mobile Banking, juga INTERNET BANKING.

Dan masih banyak yang jasa yang diberikan oleh Sudono Salim alias Liem Sioe Liong atas bangsa Indonesia.

Selamat Jalan Om Liem. Terima kasih atas sumbangsih Anda bagi Indonesia.

~ Indahnya Berbagi Bersama Richwei ~
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...