Wal-Mart Cina dituduh melanggar keselamatan pangan

Wal-Mart Cina kembali dituduh melanggar keselamatan pangan hanya beberapa bulan setelah skandal kesalahan label daging babi yang menyebabkan penutupan toko dan oengunduran kepala perwakilan Cina.

Badan Pengawas Makanan Beijing mengatakan bahwa pada bulan Maret lalu, Wal-Mart Beijing menjual minyak wijen dan cumi-cumi yang mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kanker.


Tuduhan terpisah juga disampaikan pekan ini oleh departemen peternakan kota Dazhou yang menyebut Wal-Mart menjual daging iga dari babi yang terpapar penyakit.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip Financial Times, Wal-Mart mengaku mereka telah memindahkan produk babi dari rak penjualan dan tengah berkordinasi dengan pemerintah kota Dazhou.

Isu penting

Kasus ini diumumkan ke publik pekan ini, karena bertepatan dengan pekan keselamatan pangan di Cina.

Isu ini kembali mengemuka disaat Wal-Mart tengah mencoba memulihkan citra mereka yang tercoreng skandal keselamatan pangan tahun lalu.

Padahal bagi perusahaan asal AS tersebut, Cina adalah salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat

Oktober lalu, Wal-Mart di Chongqing ditemukan menjual daging babi biasa dengan label babi organik dengan harga yang mahal.

Dua manajer toko Wal-Mart ditangkap terkait kasus tersebut dan berujung pada restrukturisasi tim manajemen di Cina.

Keselamatan pangan terus menjadi isu penting di Cina, dan pengamat mengatakan penanganan otoritas Cina lebih keras terhadap perusahaan asing dalam kasus ini.

http://www.bbc.co.uk/indonesia/majal...awalmart.shtml

sampai sekelas wal-mart pun ancur di china :capedes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...