Wow Wacana Baru - Kepala Daerah Harus Diberi Kesempatan Sebagai Capres

[imagetag]

Tirai Maya - Wacana sejumlah kepala daerah yang berhasil memimpin daerahnya diberi kesempatan maju di Pilpres 2014 sebagai calon presiden (capres) alternatif, terus menguat.

Pakar hukum tata negara Irman Putra Sidin menyatakan, partai politik harus memberi kesempatan kepada pemimpin di daerah untuk maju di Pilpres 2014.

"Banyak kepala daerah berhasil di daerahnya. Mumpuni untuk maju di pilpres. Tinggal persoalan kedewasaan partai politik untuk menyaring mereka dan jangan hanya mengusung kadernya sendiri ataupun ketua umumnya," kata Irman kepada wartawan di Gedung DPR, Kamis (21/6)

Terpisah, Ketua Umum Partai Damai Sejahtera (PDS) Denny Tewu mengatakan, jangan sampai Pilpres 2014 diisi capres atau cawapres daur ulang.

"Seakan Indonesia tidak punya kader lain yang jauh lebih baik. Padahal, banyak kepala daerah yang berhasil memimpin di daerahnya layak diberikan kesempatan untuk memimpin Indonesia," kata Denny.

Menurut Denny, Indonesia perlu dipimpin oleh orang yang berpengalaman di pemerintahan.

"Kepala daerah yang berhasil itu tentu memiliki pengalaman tersebut," tegasnya.

Agar kepala daerah itu memiliki kans maju, maka Denny meminta agar persyaratan presiden treshold (PT) dalam UU Pilpres nanti bisa dilonggarkan agar banyak calon yang muncul.

"Dengan PT yang kecil, maka partai kecil dan menengah bisa mengusung calonnya, dan tentu saja rakyat juga menjadi banyak pilihan. Jangan lupa, SBY itu awalnya diusung Partai Demokrat yang hanya memperoleh 7 persen," imbuhnya.

Dikesempatan itu, Denny menyebut nama Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang.

Kemudian, Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih dan Bupati Kutai Irsan Noor yang juga memimpin Asosiasi Kabupaten Indonesia, sebagai kepala daerah yang sukses di daerahnya dan layak memimpin secara nasional.

"Mereka adalah tokoh-tokoh daerah yang berkualitas dan telah teruji. Mereka nasionalis serta memiliki kepedulian tinggi memajukan bangsa. Siapa bilang Indonesia kekurangan pemimpin,"

http://www.tiraimaya.com/2012/06/wow...rah-harus.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...