2014...Diam-Diam IBAS YUDHOYONO dapat Penghargaan MURI

Ibas dan Bupati Pacitan Raih Rekor MURI atas Wayang Beber Terpanjang
Dhurandara HKP - detikNews
http://news.detik..com/read/2012/07/...anjang?9922022


Jakarta Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas prakarsa dan dukungannya dalam membuat Wayang Beber terpanjang di dunia. Hasil budaya khas Pacitan ini memiliki panjang 82 meter, mengalahkan rekor sebelumnya di Yogyakarta sepanjang 49 meter.

Penghargaan ini diraih Ibas bersama dengan Bupati Pacitan, Indarto dan sanggar Lung selaku pemrakarsa dan pembuat wayang ini. Penyematan rekor diberikan oleh MURI di kantor Bupati Pacitan, Jl Jaksa Agung Suprapto 8, Pacitan, Jawa Timur.

"Dengan ini saya tetapkan sebagai pembuatan wayang beber terpanjang. Sepanjang 82 meter dan lebar 110 cm. Ini mengalahkan rekor sebelumnya di Yogya dengan panjang 49 m x 90 cm pada 9 April 2002. Saya tetapkan juga sebagai rekor dunia dengan nomor 5508," ujar Perwakilan MURI di Pacitan, Sri Widayati, Sabtu (14/7/2012).

Menurut Ketua Sanggar Jung, Rudi Prasetyo, wayang Beber merupakan wayang berbentuk lukisan dan ditampilkan dengan cara dibeberkan. Terdapat beberapa gulungan yang memiliki cerita berbeda, dan dalang yang bercerita di balik layar wayang.

"Terdapat 24 adegan dengan 6 gulungan. Wayang ini merupakan hasil budaya asli Pacitan secara turun temurun yang menceritakan tentang kisah cinta Dewi Sekartaji dan Panji Jaka Kembang Kuning. Sudah ada sejak zaman Majapahit," terang Rudi Prasetyo.

Pengerjaan wayang ini membutuhkan tenaga 7 orang pelukis termasuk Rudi. Butuh waktu 2 bulan sejak (17/6) hingga (7/7) untuk menyelesaikan wayang ini.
(gah/gah)

---
nggk nyangka mas Ibas peduli dengan kebudayaan kita. :iloveindonesias
mas Ibas harus muncul diatas panggung jangan dibalik layar agar rakyat tahu siapa calon pemimpin mereka
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...