[BERITA DUKA] Menyedihkan! Bayi Panda Raksasa Mati di Tokyo

Rabu, 11/07/2012 13:49 WIB

[imagetag]

Quote:

Tokyo, Seekor bayi panda raksasa di kebun binatang Tokyo, Jepang mati akibat penyakit pneumonia pagi tadi waktu setempat. Kematian binatang langka ini mengejutkan sekaligus menyedihkan karena terjadi hanya sepekan setelah kelahirannya disambut gembira.

Bayi panda yang belum diberi nama itu dilahirkan pekan lalu di kebun binatang Ueno. Ini merupakan bayi panda pertama yang lahir di kebun binatang tersebut dalam kurun waktu 24 tahun terakhir.

Kelahiran sang bayi panda dipuji-puji sebagai keberhasilan langka bagi program pengembangbiakkan panda di Jepang. Tak heran, kelahiran tersebut menimbulkan kegembiraan publik Jepang. Namun ternyata, kegembiraan itu tak bertahan lama.

Petugas kebun binatang menemukan bayi panda itu terbaring telentang di atas perut induknya yang diberi nama Shin Shin.

"Mereka sempat melakukan pijatan jantung dan perawatan lainnya, namun sayangnya mereka mengkonfirmasi kematiannya pada pukul 08.30," demikian pernyataan kebun binatang Ueno seperti dilansir AFP, Rabu (11/7/2012).

Shin Shin dan panda jantan pasangannya, Ri Ri dipinjamkan dari China tahun 2011 lalu kepada pihak Ueno yang dioperasikan oleh pemerintahan Metropolitan Tokyo dengan biaya tahunan sekitar US$ 1 juta.

Tadinya, kelahiran bayi panda ini juga disambut di China. "Panda-panda raksasa merupakan pesan persahabatan," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China saat menanggapi berita kelahiran bayi panda tersebut pekan lalu.

"Kami harap sentimen orang ke orang dan hubungan keseluruhan antara China dan Jepang bisa ditingkatkan karena kelahiran bayi ini," imbuhnya.

China dikenal akan "diplomasi pandanya". Negara tersebut menggunakan panda sebagai hadiah diplomatik ataupun pinjaman untuk negara-negara lain.


(ita/nrl)
Gak perlu marah-marah gan :mewek
Gak ada yg salah, semua ini krn Diplococcus pneumonia laknat :berduka

Pneumonia = radang paru2 :norose:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...