[berita prestasi]Pemburu Partikel Tuhan asal Indonesia

Quote:

TEMPO.CO , Jakarta - Saat ini para ilmuwan mengklaim sudah menemukan partikel Tuhan. Imuwan Indonesia ternyata ikut menjadi "pemburu" partikel yang juga disebut Higgs Boson itu. Dia adalah Suharyo Sumowidagdo.

Bagaimana latar belakangnya? Suharyo merupakan lulusan Jurusan Fisika Universitas Indonesia pada Mei 1999, dan dua tahun kemudian meraih gelar master. Pada April 2008 ia meraih gelar doktoral bidang Experimental High Energy Physics do Fermilab dan Departemen Fisika, Florida State University. Tema desertasinya First Measurement of Top Quark Pair Production Cross-section in Muon Plus Hadronic Tau Final States.

Suharyo menjadi satu-satunya orang Indonesia yang bergabung dalam pencarian partikel itu di dua laboratorium pemercepat partikel paling canggih di dunia; Tevatron, Fermilab; dan LHC, CERN. Dia meraih gelar sarjana di Departemen Fisika Universitas Indonesia, kemudian melanjutkan studi di Amerika Serikat hingga mendapatkan gelar doktor di Departemen Fisika Florida State University.

Kini ia bekerja sebagai staf peneliti di Departemen Fisika dan Astronomi, Universitas California Riverside. Oleh universitas itu, ia diutus berkolaborasi dengan fisikawan CERN untuk menemukan partikel Higgs.
http://www.tempo.co/read/news/2012/0...asal-Indonesia
yang ini wajib dicontoh mendunia karena kapasitasnya, bukan karena onarnya :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...