BP Migas: Perusahaan Gas Negara Terlalu Banyak Mengambil Untung Karena Memonopoli

Quote:

BP Migas Sindir Monopoli Pipa Gas PGN
Rista Rama Dhany - detikfinance
Jumat, 06/07/2012 12:27 WIB


Jakarta - Penguasaan sebagian besar pipa transmisi gas oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) membuatnya bertindak monopoli dan berani mengambil marjin terlalu besar ke pelanggannya di sektor hilir.

Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (BP Migas) Gde Pradnyana, selama ini BP Migas mencatat harga gas di hulu sangat rendah sementara di hilir cukup besar, artinya PGN telah menikmati marjin yang sangat besar.

"Harga hulunya sangat rendah, sementara hilirnya terbilang cukup besar. Nah yang di tengah ini (PGN) yang mensuplai ke end-user telah mengambil margin keuntungan yang terlalu besar," kata Gde dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (6/7/2012).

Dikatakan Gde, jika kedua sisi yakni hulu dan hilir terutama konsumen akhir, khususnya industri pengguna gas bisa tetap hidup, sudah seharusnya peran PGN sebagai transporter dan trader dikurangi.

"Peran ganda PGN sebagai transporter dan trader harusnya dapat dikurangi. Misalnya dengan membatasi volume gas PGN melalui pipa transmisi, sehingga penjual lain bisa masuk ikut menggunakan pipa tersebut dengan hanya membayar toll-fee saja kepada PGN," ungkapnya.

Pasalnya, kata Gde, pipa transmisi yang dikuasai PGN saat ini bersifat terbuka, siapapun bisa menggunakannya.

"Karena pipa transmisi pada prinsipnya bersifat open-access, tidak boleh dimonopoli untuk kepentingan tradingnya PGN sendiri," tukasnya.
http://finance.detik.com/read/2012/0...s-pgn?f9911023
yg namanya perusahaan yg dikuasai negara emang servis jelek, tapi mau untung besar:D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...