Domba di Afsel Diberi Ponsel Untuk Hindari Pencuri

Ketika berlari mereka akan menelpon saya

Seorang petani di Afrika Selatan punya cara unik untuk menjaga domba-dombanya dari para pencuri ternak yang kian merajalela di negara itu. Dia membekali ternaknya dengan telepon seluler, demikian lapor media-media lokal, Rabu.

Bagi Erard Louw, ketika domba-dombanya menelpon, itu berarti kabar buruk: mereka tengah dibawa kabur pencuri. Tentu domba-domba Erard tidak benar-benar menelpon pemiliknya, tetapi telpon yang digantung di leher binatang akan secara otomatis aktif jika domba-domba itu berlari, pertanda bahwa seseorang telah meloloskan mereka dari kandangnya.

"Ketika berlari mereka akan menelpon saya dan isinya melaporkan 'domba satu' atau "domba dua' dan seterusnya, jadi saya tahu tempat untuk mulai mencari karena peternakan itu luasnya 750 hektar," kata Louw kepada harian Cape Times, seperti dikutip AFP.

Tiap kelompok yang terdiri empat ekor domba dililitkan alat keamanan yang mirip ponsel itu. Louw mengambil langkah itu setelah ia kehilangan 27 ekor domba dan 13 anak domba beberapa pekan silam.

Menurut Louw langkah itu diambilnya, selain karena maraknya pencuri juga karena polisi setempat tidak bisa diandalkan untuk menangkap pencuri-pencuri itu.

Louw sendiri sudah membuktikan bahwa "ponsel domba" itu lebih berguna setelah dia berhasil menangkap seorang pencuri. Meski demikian tetap saja sejumlah pencuri berhasil lolos membawa kabur domba-domba lengkap dengan ponselnya.

"Ponselnya memang berbunyi malam itu dan saya keluar untuk mencarinya," cerita Louw, yang kemudian menambahkan dia gagal mendapatkan kembali ponselnya karena telah kalah cepat dari para pencuri.

http://www.beritasatu.com/iptek/5944...i-pencuri.html


ini cara bodoh apa cara jitu sih :ngakak
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...