Lagi, Tiga Bintang Kejora Dikibarkan di Jayapura

Lagi, Tiga Bintang Kejora Dikibarkan di Jayapura

[imagetag]

Quote:

TEMPO.CO, Jayapura - Tiga buah Bendera Bintang Kejora ditemukan berkibar di Kota Jayapura, Papua, Senin, 2 Juli 2012 sekitar pukul 05.45 WIT. Organisasi Papua Merdeka menyatakan pengibaran selama tiga hari untuk memperingati HUT Kemerdekaan Papua.

"Benar, ada tiga bendera ditemukan di tiga tempat. Ukurannya kecil dan diikat pada sebuah kayu," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua, Ajun Komisaris Besar Yohanes Nugroho Wicaksono, Senin pagi.

Kepolisian menemukan ketiga bendera dengan ukuran sekitar 50 x 90 sentimeter di perbukitan Enggros, belakang Tanah Hitam, dan di Kampung Tiba-Tiba atau di belakang BTN Puskopat.

Di perbukitan Enggros, bendera diikat pada pohon tertinggi. Butuh sejam untuk menurunkan. Sementara di Kampung Tiba-Tiba, bendera dipasang pada sebuah kayu. Bendera dengan ukuran kecil itu sudah sobek sebagian. Sementara di perbukitan Tanah Hitam, bendera terlihat sekitar satu kilometer dari Pos Polisi Tanah Hitam.

Dai pantauan Tempo, kepolisian hilir mudik menurunkan ketiga bendera yang ditemukan hampir di saat bersamaan itu.

Sebelumnya, Ahad pagi, kepolisian juga menemukan dua buah bendera. Pertama di belakang Hotel Mulia Idaman, Entrop, Jayapura Selatan, dan di wilayah Bumi Perkemahan, Ekspo, Waena, Kota Jayapura. "Pelakunya belum diketahui, masih dalam pengejaran," kata Yohanes.

Pengibaran Bintang Kejora dilakukan sejak kemarin hingga 3 Juli 2012. Aksi tersebut berdasar Instruksi Koordinator Umum Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka, Lambert Pekikir, Nomor 01-A/INGS/MB/OPM-TPN/TP/I/2012. "Kita minta agar warga tetap di rumah masing-masing, kita merayakan hari besar dengan aman dan tanpa kekerasan," kata Pekikir.

Ia menegaskan, OPM tetap menuntut kemerdekaan Papua. "Itu hak kita. Masalah Papua harus segera diselesaikan lewat perundingan internasional. Tinjau kembali resolusi 2504 tentang status Papua," ujarnya.
Code:

http://www.tempo.co/read/news/2012/07/02/058414144/Lagi-Tiga-Bintang-Kejora-Dikibarkan-di-Jayapura
terlepas dari OPM dikendarai oleh negara siapa, sangat wajar jika masyarakat Papua ingin merdeka, terbukti karena pemerintah negara ini suka menganak tirikan pulau-pulau selain Jawa, mungkinkah pulau2 lain seperti Kalimantan akan menjadi 'next OPM'? selama pemerintah seperti sekarang, apa saja bisa terjadi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...