Myanmar Siap Deportasi Warga Muslim Rohingya

NAYPYIDAW - Presiden Myanmar Thein Sein mengatakan pada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahwa solusi untuk menyelamatkan warga Muslim Rohingya adalah mendirikan kamp pengungsian atau deportasi. Sejak bentrokan antar-agama berlangsung, warga Rohingya dinilai makin menderita dari hari ke hari.

"Kami akan bertanggung jawab kepada warga Rohingya, namun mustahil bagi kami untuk menerima Rohingya yang bukan merupakan warga etnis Myanmar untuk masuk ke wilayah kami," ujar Thein Sein, seperti dikutip AFP, Jumat (13/7/2012).

"Mereka akan kami kirim ke negara lain yang mau menerimanya. Inilah solusi yang sudah kami pikiran untuk memecahkan masalah tersebut," imbuhnya.

Konflik antara warga Budha dan Muslim di Negara Bagian Arakan, Myanmar, memaksa ribuan warga Rohingya lari dari rumahnya. Tempat tinggal mereka pun dibakar dan banyak di antara mereka yang tewas karena dibantai.

Menurut Badan Pengungsi PBB (UNHCR), satu juta warga Rohingya hidup di luar Myanmar dan mereka pun tidak diterima di negara lain, termasuk Bangladesh yang berdekatan dengan Myanmar. Hal itulah yang menyebabkan warga Rohingya dikategorikan menjadi etnis minoritas yang paling tertindas di dunia ini.

"Myanmar tidak memandang 735 ribu warga Muslim Rohingya di wilayah Arakan sebagai warga negaranya sendiri dan kami rasa solusi paling tepat adalah memberikan mereka sebuah status warga negara Myanmar," ujar juru bicara UNHCR Kitt McKinsey.

McKinsey menambahkan, PBB sudah berupaya untuk menggelar proses rekonsiliasi di negara yang sempat dipimpin junta militer itu. Proses rekonsiliasi juga sangat menguntungkan bagi seluruh komunitas di Myanmar, tidak hanya warga Muslim.

sumer

miris gan, ga satu pun negara yang mau menerima
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...