PBB: Korea Utara Dicurigai Ekspor Senjata Melalui Cina

Dewan Keamanan PBB mengatakan Korea Utara dicurigai secara tidak sah mengekspor senjata melalui Cina ke sejumlah negara, termasuk Suriah.

Hari Jumat, Dewan Keamanan PBB merilis sebuah laporan yang disusun oleh tim ahli yang menyelidiki kemungkinan pelanggaran sanksi PBB yang melarang ekspor senjata Korea Utara.

Laporan itu menyebutkan pengiriman propelan dalam jumlah besar, yang dapat digunakan untuk rudal balistik yang ditemukan di sebuah kapal kargo yang disita pada bulan Oktober 2007, telah dipastikan datang dari Korea Utara melalui Dalian, Cina dengan tujuan Suriah.

Selain itu disebutkan kapal tersebut juga mengangkut produk makanan yang diolah di Korea Utara, menyiratkan orang-orang Korea Utara ada di Suriah. Laporan itu juga menyebutkan penemuan benda-benda militer pada kapal yang disita oleh pemerintah Yunani pada bulan November 2009, termasuk 13.000 baju pelindung terhadap zat kimia serta masker gas. Disebutkan benda-benda itu juga menuju Suriah melalui Dalian.

Laporan tersebut juga merujuk pada sejumlah kendaraan khusus besar yang menurut Penjaga Pantai Jepang diangkut dari Cina ke Korea Utara. Kendaraan tersebut dapat digunakan untuk menembakkan rudal balistik. Dikatakan kendaraan itu tidak mungkin dapat diciptakan dengan teknologi yang dimiliki Korea Utara saat ini. Laporan itu tidak menyebutkan soal keterlibatan Cina, dan hanya menyebutkan tim dewan keamanan itu akan terus menyelidiki kasus tersebut.

Laporan tim dewan keamanan itu disusun bulan lalu namun perilisiannya tertunda akibat penolakan pemerintah Cina. Para anggota Dewan Keamanan Amerika Serikat dan Eropa serta Jepang membujuk Cina agar mengizinkan publikasi laporan itu.

http://www3.nhk.or.jp/nhkworld/indon...op/news02.html

China mulai menancapkan pengaruhnya di timteng, pasti seru nih
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...