Pemerintah Jepang Berupaya Beli Kep. Senkaku

Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda mengatakan pemerintah Jepang telah memulai negosiasi pembelian dengan para pemilik perorangan pulau-pulau di Kepulauan Senkaku di Laut Cina Timur.

Hari ini Noda mengatakan kepada wartawan bahwa Kepulauan Senkaku di Provinsi Okinawa adalah wilayah Jepang berdasarkan sejarah dan hukum internasional. Menurutnya Jepang secara efektif memegang kendali atas Kepulauan Senkaku sehingga tidak ada persoalan teritorial apapun terkait kepulauan itu.

Noda menambahkan pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan untuk membeli kepulauan itu demi kepentingan perdamaian, kestabilan kendali dan manajemen kepulauan tersebut.

Gubernur Tokyo Shintaro Ishihara mengumumkan pada bulan April bahwa pemerintah metropolitan Tokyo berencana membeli pulau-pulau di Senkaku yang status kepemilikannya perorangan.

Kepulauan Senkaku terdiri dari lima pulau yang tidak berpenghuni di sebelah barat Okinawa di Laut Cina Timur. Empat pulau di antaranya dimiliki secara perorangan. Sementara satu pulau sisanya dimiliki oleh negara. Pemerintah Jepang telah melakukan kontrak sewa atas empat pulau milik perorangan tersebut dan mengelolanya sejak tahun 2002.

Cina dan Taiwan juga mengklaim kedaulatan atas Kepulauan Senkaku.

http://www3.nhk.or.jp/nhkworld/indon...op/news01.html

Hmmm, bisa jadi contoh buat masalah di Kepulauan Derawan nih:)b
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...