Pesawat Hilang 60 Tahun Lalu Ditemukan

[imagetag]

TEMPO.CO , Alaska - Hilang 60 tahun lalu bersama 52 penumpangnya, pesawat jenis C-124A Globemaster ditemukan di gletser Alaska. Pesawat itu hilang kontak pada tahun 1952 dan tak pernah ditemukan sejak saat itu.

Namun setidaknya dibutuhkan waktu enam tahun untuk memastikan apakah benar pesawat yang ditemukan adalah pesawat yang dimaksud. Pasalnya, para ahli forensik perlu untuk memproses sampel DNA dari keluarga dan membandingkannya dengan sisa-sisa korban.

Karakteristik pesawat yang ditemukan, kata Kapten Jamie Dobson dari militer AS, sama dengan pesawat yang jatuh 60 tahun lalu itu. Dia mengatakan, pesawat itu ditemukan di Glacier Colony, sekitar 40 km sebelah timur dari Anchorage.

Alaska National Guard menemukan reruntuhan pada tanggal 10 Juni dan Joint POW/MIA Accounting Command dipanggil untuk melihat kondisinya, menurut siaran pers dari JPAC, yang mengkhususkan diri dalam menemukan tentara yang hilang dari konflik masa lalu dan membawa mereka pulang kembali.

Tim menemukan peralatan pendukung pehidupan dan tulang-belulang manusia.

Menurut Associated Press, pesawat itu berasal dari McChord Air Force Base di negara bagian Washington sebelum menjadi pesawat Angkatan Udara ketiga terbesaryang lenyap di Alaska pada bulan November 1952.

Puing-puing itu ditemukan 12 mil dari lokasi diduga kecelakaan terjadi. Hal ini kemungkinan karena medan es bermigrasi selama enam dekade terakhir, kata Dobson.

Laporan Anchorage Daily News menyebut, pesawat, kemudian dijuluki Old Shaky, mengeluarkan panggilan darurat sebelum dinyatakan hilang. Kalimat terakhir yang dikatakan pilot adalah, "Jika kami harus mendarat, maka kami akan mendarat di sini."


====

:matabelo:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...