Ruhut: Peluang Ical Berat karena Dari Luar Jawa

JAKARTA - Politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul menyatakan bahwa isu Jawa-luar Jawa tetap berpengaruh pada pertarungan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Menurut Ruhut, faktor Jawa-Luar Jawa ibarat persyaratan yang tidak tertulis tapi sangat menentukan Presiden terpilih.

"Bukan aku mengungkit SARA ya, tapi ada syarat tidak tertulis untuk menjadi presiden adalah saudara kita dari suku Jawa," kata Ruhut Sitompul di gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (13/7).

Kalau bukan dari suku Jawa, lanjut anggota Komisi III DPR itu, sebaiknya bekerja ekstrakeras untuk mendapat posisi calon wakil presiden. "Kalau bukan dari suku Jawa, saya mohon paling tidak bekerja ekstra keras melobi untuk wakil presiden saja cukup. Aburizal Bakrie, karena berasal dari luar Jawa dengan sendirinya itu akan menjadi faktor penjegal dia untuk dicapreskan nanti," tegas Ruhut.

Ketua Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom) PD itu mencontohkan kegagalan Alex Noerdin yang berasal dari Sumatera Selatan (Sumsel) dalam Pemilukada DKI Jakarta. Suara Ales yang kalah jauh dari lawan-lawannya yang berasal dari suku Jawa, kata Ruhut, adalah fakta ini tidak lepas dari faktor kesukuan.

Ditegaskannya, faktor suku merupakan faktor yang tak bisa diabaikan. Demikian juga Aburizal Bakrie yang dikenal berasal dari Lampung, juga bakal berat menuju kursi kepresidenan.

"Jadi jangan main-main kalau luar Jawa mau jadi presiden. Saya mohon introspeksi. Memang tak tertutup kemungkinan jika ada calon presiden dari suku luar Jawa. Namun terlalu sulit untuk menang," ujar Ruhut. (fas/jpnn)

SUMBERTKP

Abaikan!:Yb
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...