SBY abaikan korban Lapindo

[imagetag]

Quote:

Hari Suwandi, korban lumpur Lapindo berjalan kaki dari Sidoarjo ke Jakarta khusus untuk menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk meminta keadilan. Namun sayang, perjalanan yang ditempuh selama sekitar 25 hari itu tak menuai hasil karena akhirnya dia belum bisa menemui orang nomor satu di Indonesia.

"Pada prinsipnya ini menunjukkan bahwa lagi-lagi korban pelanggaran di Indonesia cenderung diabaikan oleh SBY, ini bukan pertamakalinya kasus HAM tidak terselesaikan secara tuntas " kata peneliti Imparsial Swandaru dalam perbicangan dengan merdeka.com, Rabu (11/7).

Menurutnya, kasus lumpur Lapindo merupakan kasus HAM yang harusnya juga mendapatkan perhatian dari pemerintah. Bentuk perhatian itu bukan hanya ucapan, melainkan tindakan nyata yang bisa langsung dirasakan oleh para korban lumpur Lapindo.

"Sebenarnya, menemui itu cuma simbolis awal, yang lebih utama adalah penyelesaiannya karena menemui pun belum menjadi jaminan. Dari kasus Hari, SBY tidak perhatian, lihat saja perhatian saja enggak ada apa lagi penyelesaian," ujarnya.

Swandaru pun menyesalkan pemerintah yang tidak tegas dan malah mau menanggung bencana di Porong dengan menggunakan uang negara. Lambannya penyelesaian kasus Lapindo menjadi bukti ketidakseriusan pemerintah.

"Siapa yang berbuat, dia yang harus tanggung jawab. Sangat tidak pantas pemerintah menanggung beban yang dilakukan karena kesalahan swasta." imbuhnya.

Sebelumnya, Hari Suwandi yang gagal menemui SBY terus berjuang dan memutuskan menyambangi Gedung MPR/DPR RI. Di Gedung Parlemen, Hari disambut pimpinan DPR Pramono Anung.

"Tujuan saya ingin menemui presiden. Kami memohon pada anggota Dewan dalam hal ini pimpinan DPR untuk memfasilitasi pertemuan dengan Presiden," kata Hari kepada wartawan di ruang Pimpinan DPR.

Selain ingin bertemu dengan SBY, Hari juga meminta agar PT Minarak Lapindo Brantas segera menuntaskan persoalan ganti rugi yang hingga saat ini belum tuntas.

http://www.merdeka.com/politik/sby-a...n-lapindo.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...