Tips Membuat Judul Artikel Yang Baik

Tips Membuat Judul Artikel Yang Baik
Tips Membuat Judul Artikel Yang Baik. Selain para penulis untuk sebuah buku, para blogger pun tentunya menginginkan artikel yang sudah mereka buat dibaca, dikomentari serta diberi masukan-masukan dari para pengunjung. Selain itu dengan komentar dan kritik yang disampaikan oleh para pengunjung akan terus membuat kita membenahi setiap kata, pemahaman dan penulisan untuk artikel yang akan kita tulis. Hal ini akan semakin membuat para pengunjung semakin enak di dalam membaca, memahami dan meresapi apa yang sudah kita tulis.

Namun nggak semua yang sudah blogger tulis mampu dipahami oleh para pengunjung. Hal ini adalah wajar karena terkadang apa yang blogger tulis nggak sepaham dengan para pengunjung. Untuk dapat melakukan hal itu para blogger harus tahu bagaimana pandangan, pemahaman dan apa yang sekiranya wajib untuk pengunjung butuhkan agar bisa lebih mudah memahami tulisan kita terutama tidak menutup kemungkinan dengan bagian judul artikel.

Judul artikel bisa dibilang hal yang paling sebelum tulisan kita dibaca. Tentu kita nggak bisa membuat judul sembarangan yang hanya akan pengunjung lihat sekilas tanpa melihat inti dari artikel yang sebenarnya artikel anda tersebut sangat bermanfaat bagi pengunjung. Judul artikel yang baik akan mengundang dan merangsang nafsu dari para pengunjung untuk melihat artikel kita. Tentunya hal inilah yang kita inginkan, apalagi jika artikel kita tersebut memang bermanfaat dan tidak menipu para pengunjung.

Nach berawal dari itu semua. Aku ingin memberikan sedikit tips untuk membuat judul artikel yang baik. Hal ini agar para pengunjung lebih bernafsu untuk melihat artikel anda satu per satu.
  1. Buat Judul Artikel Yang Singkat Dan Jelas. Agar artikel anda lebih memancing minat para pengunjung blog anda. Anda diharuskan untuk memilih judul artikel yang lebih singkat namun jelas dipahami. Hal ini agar pengunjung tidak salah menduga apa yang akan anda sampaikan sekaligus dapat langsung memahami apa yang sudah anda tulis. Contoh: Cara Nembak. Kalau anda lihat judul tersebut, apa yang ada di pihak anda sebagai seorang pengunjung. Kita bisa saja menduga bahwa artikel tersebut berisi tentang cara menembak menggunakan pistol. Padahal artikel tersebut berisi tentang cara dan tips nembak cewek. Tapi karena kurang lengkap dan jelas, orang bisa menduga banyak hal. Agar lebih lengkap maka bisa saja anda tambahkan Cara Nembak Cewek. Singkat dan tentunya lebih memudahkan penunjung untuk menebak apa yang akan anda tulis.
  2. Buat Judul Yang Heboh dan Menarik Perhatian Pengunjung. Selain di dunia berita televisi yang heboh. Tentu kita juga bisa mengaplikasikan hal tersebut di artikel kita. Tentu anda sendiri juga tahu bahwa berita biasa terkadang bisa saja dibuat heboh hanya berdasarkan dari judul. Orang bisa tertipu dengan mudah hanya karena terpancing oleh sebuah judul. Contoh: Tips Mendapatkan 1 Juta Follower di Twitter dalam 1 Minggu. Nach bagaimana reaksi anda jika anda melihat artikel dengan judul demikian. Meski pun tipsnya ringan saja. Namun tetap saja membuat para pengunjung tertarik untuk melihat artikel tersebut.
  3. Buat Judul Dengan Tulisan Yang Baku. Sebuah judul artikel yang baik tentunya harus mencakup banyak hal. Jika sebuah buku anda bisa membuat judul dengan tulisan yang kurang baku dan resmi. Maka untuk sebuah blog disarankan untuk membuat judul artikel yang sesuai dengan tata bahasa yang benar. Karena target kita di sini bukan hanya pengunjung akan tetapi juga mesin cari seperti Google, Yahoo dan mesin cari lainnya. Jika kita sudah mendapatkan pengunjung yang banyak per harinya. Kita bisa saja membuat judul artikel yang sedikit unik dibanding dengan yang lain. Namun tetap disarankan menggunakan bahasa yang benar dan baku. Hindari penggunaan bahasa yang kurang resmi seperti title blog ini. Saku Wae, kalau anda lihat sekilas. Saku adalah tempat menyimpan barang kecil di dalam baju. Wae dalam Bahasa Indonesia berarti saja. Nach dengan bahasa yang kurang begitu familiar untuk seluruh rakyat Indonesia pemilihan title seperti itu menjadi kurang pantas.:D
  4. Terus Jaga Kualitas Artikel Anda. Judul yang baik jika tanpa diimbangi dengan artikel yang baik sama saja dengan bohong. Anda bisa membuat artikel yang wah pada bagian judul tapi begitu pengunjung melihat isinya dan kecewa. Maka bisa jadi kekecewaan para pengunjung tersebut akan membuat kapok para pengunjung. Jadi saran saya jaga terus kualitas artikel anda. Agar para pengunjung yang mendapati blog anda di mesin cari tidak kapok untuk datang kembali.
Itulah beberapa tips tentang cara membuat judul artikel yang baik. Jika anda mengikuti hal tersebut saya percaya sekali bahkan sebelum anda menjadi mahir dalam membuat artikel yang baik. Anda sudah bisa mengalahkan blog dengan tulisan sederhana seperti apa yang saya tulis tersebut. :D
Artikel di atas sudah diedit berdasarkan pemahaman penulis blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...